Lain-lainNew ArticleOpiniPublikasi

Dilema Pandemi

Waktu dimana dunia menjadi 'pintu exit' dan 'rugi besar' bagi mereka yang mempunyai pekerjaan, menjadi 'masa suram' bagi para siswa maupun mahasiswa, hidup yang semulanya bisa bebas bergerak di tempat luas menjadi sempit.

Tapi bagaimana jika kita memanfaatkan waktu ini dengan berkembang? Dimana kita bisa berkreativitas dan mengembangkan hobi yang sebelumnya tidak bisa dilakukan karena kurangnya waktu dirumah. Seperti beberapa orang yang hobi olahraga, hobi merawat tanaman, hobi memasak dan lainnya. Memang tidak banyak hobi yang bisa dilakukan tanpa alat,  namun tidak ada salahnya mencoba hobi lain. Namun jangan lupa belajar, kalau mengalami kesulitan bertanya kepada guru atau teman. Dan sewajarnya orang yang diminta bantuan juga membantu.

Pandemi tidak hanya memberi penderitaan. Lihat saja keadaan sekitar, tumbuhnya lingkungan yang hijau dan sehat serta polusi udara yang berkurang. Pandemi juga mengajarkan bahwa kita hidup tidak sendirian,  dimana muncul rasa simpati dan empati kepada sesama.Apapun keadaannya dan kapanpun waktunya jika kita bisa mengubahnya menjadi suatu peluang maka pasti akan membawa kedamaian.

Jangan lupa protokol kesehatan ya!

Penulis : Ale

Ilustrator : M.Hafiz

Jangan Lupa Untuk Selalu Melakukan 3M 

Memakai Masker,Menjaga Jarak,dan Mencuci tangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button