Sesi pengerjaan soal

       Wibhakta Science Competition merupakan event tahunan SMAN 7Yogyakarta yang berisikan kegiatan penelitian ilmiah. Berbeda dengan SMAlainnya yang hanya difokuskan dalam pengerjaan soal, WSC merupakan satu satunya event yang menggabungkan kegiatan try out dengan penelitian ilmiah. WSC 2020 kali ini bertajuk “SMAVENTURETIME” yang merupakan singkatan dari smaven adventuretime. Secara umum, kegiatan pada WSC ini terbagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi pengerjaan soal dimana seluruh peserta mengerjakan 100 soal yang masing masing terdiri dari soal matematika, fisika, biologi, dan Bahasa inggris. Sesi selanjutnya yaitu sesi praktikum, dimana peserta yang lolos pada sesi pertama akan mengikuti penilaian praktikum untuk menentukan pemenang.

       Event WSC 2020 diawali dengan registrasi peserta pada pukul 06.00 WIB. Terlihat sekali antusiasme untuk mengikuti WSC 2020 dibuktikan dengan tiket yang sudah terjual habis sebelum hari pelaksanaan, bahkan kelebihan.Setelah registrasi, peserta akan dibagikan snack lalu diarahkan menuju GOR untuk mendengarkan sambutan dari ketua event, ketua OSIS, dan perwakilan kepala sekolah. Sekitar pukul 08.00, peserta diarahkan oleh penanggungjawab kelas menuju ruangan masing masing dan mulai mengerjakan soal selama 2 jam. Sementaraitu, tim pameran mempersiapkan stand pameran yang tersebar di SMAN 7Yogyakarta. Bel pun berbunyi, sebelum peserta diarahkan menuju stand pameran,dilakukan pemutaran cinema pendek mengenai SMAN 7 Yogyakarta, diharapkan para peserta dapat mengetahui kegiatan yang ada di SMAN 7 Yogyakarta. Setelah pemutaran cinema pendek, penanggungjawab kelas mengarahkan para peserta untuk singgah di stand ekskul dan praktikum SMAN 7 Yogyakarta, diantaranya stand kimia, stand olahraga, stand J-Club, stand DKV, stand Hadroh, stand batik, dan masih banyak lagi stand yang tidak kalah menarik.

       Waktu pameran telah selesai, saatnya hiburan tahap 1 disertai ishoma. Antusiasme peserta terlihat dari peserta yang langsung memenuhi GORSMAN 7 Yogyakarta untuk menonton beberapa hiburan diantaranya MC Kuis, Vocal Group, Band, dan Akustik. Selain itu, stand makanan dan danus juga memenuh iarea parkir untuk menjajakan dagangannya. Sorak sorak peserta memenuhi suasana GOR. Selain itu, peserta yang lolos sesi pengerjaan soal diarahkan menuju labuntuk mengerjakan sesi praktikum tahap 1. Para peserta yang lolos akan mengerjakan praktikum fisika dan biologi seperti praktikum masa jenis benda dan asam basamakanan.

       Setelah praktikum sesi 1 usai, dilanjutkan dengan hiburan tahap 2 yang dimeriahkan oleh MC kuis, tari kreasi baru,penampilan teater antena, dan yang tidak kalah seru adalah deville peltikartika dan juga sparing basket 3×3. Suara sorak peserta terdengar memenuhi GOR SMAN 7. Setelah itu juga ada penampilan dari dance Blaze of Glory (BOG)kebanggaan smaven yang pastinya tidak kalah menarik daripada semua hiburan tersebut. Disamping itu, peserta yang lolos praktikum tahap 1 mulai mengerjakan praktikum tahap 2 dan 3 yang pastinya sangat menentukan kemenangan.

       Saat yang ditunggu tunggu pun telah tiba,yaitu pengumuman pemenang. Suasana tegang sekaligus senang sangat terasa didalam GOR, terlebih saat MC mengumumkan siapa yang berhak membawa piala kesekolah. Juara 1 WSC 2020 diraih oleh Radaeva Erisya Syam dari SMPN 8 Yogyakarta,Juara 2 diraih oleh Yudha Dwi Anggara dari SMPN 2 Kasihan, Juara 3 diraih olehM. Ridho A.F dari SMPN 2 Yogyakarta, sementara Juara harapan 1 diraih oleh Nail Qistan Insani dari SMPN 9 Yogyakarta, Juara harapan 2 diraih oleh Polikarpus Arya P dari SMPN 5 Yogyakarta dan Juara harapan 3 diraih oleh Yulvia Dairinadari SMPN 2 Yogyakarta. Diharapkan dengan adanya WSC 2020 ini dapat memacu semangat belajar para peserta untuk mempersiapkan ke jenjang SMA.

SEE YOU ON WSC 2021!