Sebagai seorang pelajar tugas utama kita di sekolah adalah untuk belajar. Hal itu dilakukan dari pagi hingga sore, terkadang hingga malam, sekolah serasa rumah kedua deh. Untuk mengatur segala kegiatan disekolah sesuai yang diharapkan, maka dibuatlah peraturan yang bersifat mengikat seluruh warga sekolah yang tentunya mempunyai sanksi bagi pelanggarnya. Namun,hal tersebut tidak menjamin semua warga sekolah akan menaatinya lhoo.. *uupss*

Tentunya ada saja yang melanggar peraturan yangtelah ditetapkan, katanya sih ‘Peraturan itu ada untuk dilanggar’ wahh parahnih. Kira-Kira kamu pernah melakukannya ga? Beberapa hal ini sebagai contoh kecil dari pelanggaran yang seacara sadar atau ga sadar sering dilakukan oleh banyak pelajar.

Pertama, Ngobrol saat guru menjelaskan. Siapa sih,yang ga pernah ngobrol saat guru sedang menjelaskan pelajaran didepan kelas.Bukan cuma itu saja, ngobrol saat teman kalian maju buat presentasi. Kalian malah ketawa ketiwi godain temen kalian yang baru di depan kelas, alhasil temenkalian ga bisa konsentrasi presentasi deh. Atau kalau engga, waktu kalian diminta untuk berdiskusi secara kelompok, yakin kalian diskusi materi? Atau malah ngeghibah si doi yang makan oreo dicelupin dulu baru diputer? Gimana hm?

Yang kedua ini termasuk pelanggaran bukan ya? Gataudeh, tapi hal ini sering banget terjadi. Apa itu? *jeng jeng jeng* MAIN WAKTU JAM KOSONG. Jamkos? Hahaha, langsung deh ngegerombol membentuk playgroup(alias: kelompok bermain). Ada yang langsung lari ke kantin dengan semangat 45yang membara-bara , alasannya sih karena ‘belajar juga butuh tenaga’. Ada juga spesies yang langsung lari ke lapangan main bola, atau mojok di kelas cari posisi uweenak buat main game. Yang cewe gimana? Ga usah di tanya lah ya, bisadi kira-kira gimana. Eitss.. tapi ada juga spesies yang langsung buka buku terus tidur belajar, ada yang ke perpus buat ngadem pinjem buku.Tapi spesies terakhir itu udah terancam punah sekarang.

Gimana kamu pernah ga nih? Atau lebih parah malah? Kayak bolos sekolah, enggak ikut pramuka, buang sampah di loker, tidur dikelas, main hp saat pelajaran, ga bawa buku, ga ngerjain PR, telat berangkat sekolah,udah kalau disebutin satu-satu ga ada habisnya. Yang  pasti hal-hal itu bisa saja merugikan kalian sendiri, jadi sebaiknya segera kurang-kurangi sebelum nyesel. Karena penyesalan datang diakhir, kalau diawal namanya perencanaan.

(Hasna Auliya)