Pernahkah kamu bertanya-tanya bagaimana bisa sebuah bahasa diciptakan? Bagaimana bisa kata-kata tersusun? Lalu bagaimana bisa huruf-huruf dapat terangkai? Tidakkah terpikirkan bagaimana bentuk-bentuk itu dapat melambangkan sebuah bunyi suara? Simbol yang kita kenal dengan “Huruf”.

Huruf adalah sebuah grafem (bentuk, goresan atau lambang) dari suatu sistem penulisan (wikipedia). Menurut KKBI, huruf juga dapat diartikan sebagai aksara dalam tata tulisan yang merupakan anggota abjad yang melambangkan bunyi bahasa. Lalu, tahukah kamu ada berapa huruf di dunia ini.

Di dunia initerdapat lebih dari 100 macam huruf. Sebagai contoh paling mudah dijumpai seperti, Alfabet, Huruf Hija’iyah (Arab), Aksara Jawa (Jawa), Hanzi (Cina),Hiragana (Jepang), Kirillitsa (Rusia), Aksara Thai (Thailand), dan Hangul (Korea).Namun tak hanya itu saja ternyata, ada banyak lagi simbol huruf yang mungkin asing bagimu, contohnya Huruf Fenisia, Huruf Yunani, Aksara Paku, Abjad Ibrani,abjad Aram, dan Hieroglif Mesir.

simbol yang digunakan sebelum adanya huruf

Dari semua huruf yang ada Alfabet adalah huruf yang paling umum di temukan dan digunakan secara universal. Nah, bagaimana alfabet bisa di ciptakan? Mari kita pelajari bersama!

Pada 7000 tahun lalu orang menggunakan gambar atau simbol-simbol piktograf untuk menulis pesan. Dari menggunakan piktograf berkembang hingga ideogram, yaitu berupa simbol-simbol yang mempresentasikan gagasan yang lebih kompleks serta konsepabstrak yang lain. 

The Phoenician alphabet

Perkembangan selanjutnya yaitu dibuatnya alfabet Phoenician pada tahun 1300 SM yang terdiri dari 23 simbol sederhana dan terbatas hanyalah sebagai perwakitan unsur bunyi. Huruf pertama dalam jenis alfabet ini berupa gambar sederhana dari kepalabanteng dalam baha mereka dissebut Aleph (mewakili bunyi huruf ‘A’).

Sistem alfabet ini kemudian diadaptasi olah bangsa Yunani ke dalam struktur yang lebih teratur dengan menerapkan bentuk-bentuk geometris, dan penerapan pola membaca dari arah kiri ke kanan.

Alfabet Yunani

Lalu bagaimana istilah Alfabet bisa muncul? Alfabet (Alphabet) berasal dari singkatan 2 huruf pertama dalam sistem alfabet Yunani, yaitu Alpha dan Beta. Sistem alfabet yunani ini terus berkembang hingga akhirnya bangsa Romawi menyempurnakan kedalam bentuk huruf yang sebagaimana kita kenal dan gunakan sekarang.

(Hasna Auliya)