Pada hari Sabtu (28/10), SMAN 7 Yogyakarta mengadakan Pembukaan Lustrum yang diawali dengan upacara untuk memeringati Sumpah Pemuda. Para peserta mengikuti upacara bendera dengan tertib dan khidmat.

Setelah upacara bendera selesai, peserta upacara dipersilakan duduk untuk menikmati penampilan tari tradisional yang dibawakan dengan baik. Disusul dengan Pelti Kartika yang tak mau kalah dalam unjuk kebolehannya. Tepuk tangan penonton riuh terdengar setelah penampilan para penari dan Pelti Kartika mengakhiri aksinya.

Pada pukul 9, terdapat jeda waktu yang digunakan para murid untuk mengunjungi beberapa stand yang menjual makanan maupun minuman. Tak lama kemudian, siswa-siswi mulai berkumpul kembali untuk melihat keseluruhan rangkaian acara yang menarik. Penampilan yang pertama adalah dari band dari kelas X. Salah satu dari mereka mengucapkan salam pembuka lalu mulai mengenalkan diri sebelum menampilkan nyanyian semangat dengan penuh percaya diri. Mereka mampu menghipnotis penonton hingga ikut menyanyi.

Selanjutnya adalah Display Event yang ditampilkan oleh anggota CSS (Club Seni Seveners ), Teater. Display Event adalah pengenalan tentang event-event yang akan diadakan saat Lustrum berlangsung, mulai dari WSW, WSC, IC, TA, WISCO, LBB, GPBT, sampai Smavensarry.

Penampilan selanjutnya adalah hadroh. Syair-syair bernuansa islami yang diiringi alat musik tradisional ini ditampilkan dengan sangat merdu.

Berikutnya ada talkshow yang kemudian disusul dengan penampilan band dari kelas XI. Acara berakhir pukul 11 yang diiringi tepuk tangan para penonoton. Acara Pembukaan Lustrum kali ini sungguh luar biasa karena para peserta melaksanakan perannya dengan sangat baik. (Auni&Ashabrina)