Pada hari Minggu tanggal 6 November 2016, SMA Negeri 7 Yogyakarta mengikuti salah satu perlomba yang diadakan oleh PPI Kota Yogyakarta yaitu LBB Merah Putih XIX. Lomba tersebut dilaksanakan di Balai Kota Yogyakarta.

LBB Merah Putih XIX merupakan LBB yang bisa dibilang perlombaan bergengsi dan yang pasti di LBB ini terdapat persaingan yang ketat untuk memperebutkan kejuaraan. Maka dari itu, sebelum mengikuti perlombaan ini, Pelti Kartika telah melakukan latihan yang rutin guna untuk mempersiapkan LBB Merah Putih XIX. Hari demi hari dilalui bersama oleh Pelti Kartika untuk mencapai keinginan mereka, membanggakan nama SMA Negeri 7 Yogyakarta. Seperti lagu yang biasa mereka nyanyikan “Maju pantang mundur itulah semboyan.”

SMA N 7 Yogyakarta mengirimkan perwakilan 6 pleton dalam LBB Merah Putih XIX yaitu 3 pleton putra dan 3 pleton putri. Di hari Minggu yang cerah, Pelti Kartika dengan semangat sang juara berangkat menuju Balai Kota Yogyakarta untuk mengikuti LBB Merah Putih XIX. Seperti sebuah tradisi, sebelum 6 pleton tersebut memasuki Daerah Persiapan, mereka melakukan doa bersama, saling berpegangan tangan, saling berangkulan agar diberi kelancara dan diberikan yang terbaik dalam perlombaan ini. Pos demi pos mereka lalui, panas teriknya matahari pun tak menjadi halangan bagi mereka untuk menggapai impiannya. Akhirnya perlombaan selesai. Hanya tinggal berserah diri kepada-Nya, apapun hasilnya itu pasti yang terbaik.

Dan akhirnya saat-saat yang ditunggu pun datang. Pengumuman kejuaran LBB Merah Putih XIX. Pengumuman diadakan kurang lebih pada pukul 19.00 dan bertempat di Lapangan Balai Kota Yogyakarta. Saat itu situasi sangat menegangkan, seluruh peserta saling berangkulan dengan sekolah masing-masong, berharap akan mendapatkan yang terbaik. Pertama pengumuman yang disebutkan adalah kejuaran Pleton SMP Putri kemudian Pleton SMP Putra dan selanjutnya adalah Pleton SMA Putri dan yang terakhir adalah Pleton SMA Putra.

Asal sekolah dan jumlah nilai pemenang mulai disebutkan. Asal sekolah yang namanya disebutkan menjadi juara langsung bersorak gembira dan memanjatkan Puji Syukur Kepada Tuhan Yang Maha Esa. Namun sayang sekali, diantara nama-nama asal sekolah yang disebutkan tadi, SMA N 7 Yogyakarta tidak disebutkan sebagai pemenang. Mungkin memang ini adalah ganjaran yang diberikan atas jerih payah selama ini dan apapun hasil yang diraih oleh Pelti Kartika adalah hasil yang terbaik. Namun hal tersebut tidak menjadi masalah, malahan menjadi ajang evaluasi Pelti Kartika untuk kedepannya.

Tetap semangat dan maju pantang mundur Pelti KARTIKA!