Senin 21 April 2014, SMA Negeri 7 Yogyakarta mengadakan upacara peringatan hari Kartini. Peringatan hari Kartini tidak dilaksanakan hanya dalam bentuk upacara, tetapi OSIS SMA 7 Yogyakarta juga mengadakan lomba untuk mengisi hari peringatan ini. Lomba dilaksanakan pada tanggal 17, 19 dan 21 April dengan tema “INTROPEKSI DIRI TELADAN KARTINI”. Lomba-lomba yang dilaksanakan adalah pelafalan UUD, Sapta Prasetya Wibhakta, Pidato Bahasa Jawa, Story Telling, Style Classroom dan pemilihan Dimas Diajeng.

Upacara yang diikuti oleh seluruh warga SMA 7 Yogyakarta, menggunakan pakaian khas Jawa yaitu Kebaya yang dipakai oleh perempuan dan pakaian beskap yang digunakan oleh laki-laki. Pada upacara peringatan Hari Kartini ini pembacaan UUD dibacakan oleh pemenang lomba yaitu Liqn Yusfitq Syifa dari kelas XI IPA 5 , Sapta Prasetya Wibhakta oleh Putri Kartika Sari dari kelas XI IPA 5, dan paduan suara berasal dari padus smaven yang menyanyikan 2 buah lagu yaitu Ibu Kita Kartini dan Bunda. Pada Upacara ini ibu Lilik Lina Heni sebagai Pembina upacara mengatakan bahwa Generasi bangsa ada ditangan wanita. Kemudian dilanjutkan Pidato Bahasa Jawa yang dibawakan oleh pemenang lomba pidato bahasa jawa putra Kurnia Damar dari kelas X 3 dan pidato bahasa jawa putri oleh Nastiti Rahayu dari kelas X 6. Dan pidato bahasa Inggris yang dibawakan oleh Hanindhiya Yonas Rajabhakita dari kelas X IPA 2.

Setelah Upacara selesai, dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba yang telah dilaksanakan, kemudian penyerahan piagam oleh Bapak Kepala Sekolah. Saat upacara telah selesai kegiatan peringatan hari Kartini belum berakhir, masih ada 1 cabang lomba yang belum dilaksanakan yaitu Pemilihan Dimas Diajeng.

Pemilihan Dimas Diajeng dan Style Classrom. Setelah dewan juri mengunjungi setiap kelas pemenangnya adalah X3.Pemilihan Dimas Diajeng SMAN 7 Yogyakarta dilakasanakan di Bangsal Wiyata Mandala. Setiap kelas mengirimkan perwakilan kelas masing-masing. Pada pemilihan Dimas Diajeng ini yang bertindak sebagai dewan juri adalah Ibu Retno sebagai guru Bahasa Jawa, Dimas dan Diajeng Kota Yogyakarta tahun 2013. Pemilihan Dimas Diajeng juga diselingi penampilan dari CSS (Club Seni Seveners) yang menampilkan teater, stand up comedy, akustik dan tarian yang sangat menghibur para penonton pemilihan Dimas Diajeng. Akhirnya setelah melalui 3 tahap Raphael Dharu terpilih sebagai Dimas dan Indah Ridhawati sebagai Diajeng SMAN 7 Yogyakarta yang keduanya berasal dari kelas X8. Setelah pemilihan Dimas Diajeng berlangsung, semua kegiatan peringatan hari kartini telah selesai.

Jadilah Kartini-kartini muda yang berguna bagi keluarga, agama dan bangsa! Be the best woman!