yudha

Berdasarkan pengamatan dan evaluasi Bu Reni sebagai Kepala Sekolah pada kepemimpinan OSIS masa bakti 2012/2013 mempunyai pendapat bahwa kepemimpinan OSIS masa bakti 2012/2013 amat baik. Sosok Mas Yudha Puratmaja sebagai Ketua OSIS mempunyai jiwa kepemimpinan yang baik dan bisa diterima oleh segenap anggota OSIS. Mas Yudha bisa bekerja sama dengan sekolah )dalam hal ini Kepala Sekolah, Guru dan Karyawan), dengan pengurus dan anggota OSIS, serta dengan stake holder.

            Jika dibandingkan dengan ketua OSIS sebelumnya, tentu tidaklah sama. Setiap pemimpin mempunyai gaya kepemimpinannya yang berbeda. Era yang berbeda memberikan permasalahan dan tuntutan yang berbeda pula. Pada Intinya kepemimpinan Mas Yudha Puratmaja amat baik karena dia berhasil mengkoordinir pelaksanaan semua kegiatan dengan baik dan bisa bekerja sama dengan baik dengan MPK.

Sesuai dengan tujuannya yaitu sebagai wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda untuk mempersiapkan kader penerus perjuangan bangsa dan pembangunan nasional dengan memberikan bekal keterampilan, kepemimpinan, kesegaran jasmani, daya kreasi, patriotism, idealism, kepribadian dan budi pekerti luhur, maka sekolah mempunyai harapan agar OSIS benar – benar dapat berfungsi mempersatukan seluruh siswa dalam kegiatan – kegiatan yang bermanfaat. Program kerja OSIS Wibhakta tidak harus sama dengan sekolah lain namun hendaknya bisa mengambil prioritas kegiatan sebagai program unggulan yang bisa meningkatkan prestasi siswa. Kegiatan – kegiatan tertentu seperti olah raga, baris berbaris sangat popular dikalangan siswa, namun untuk mencapai prestasi siswa yang lebih baik perlu digiatkan kegiatan yang potensial bagi kemajuan SMA Negeri 7 Yogyakarta misalnya bidang kesenian. Siswa – siswa memiliki potensi yang sangat bagus di bidang kesenian maka perlu diberi wadag. Alhamdulillah tahun ini OSIS telah berhasil menyelenggarakan berbagai event bernuansa kesenian dan kebudayaan. GPBT dan Closing Ceremony Lustrumtelah dilaksanakan dengan sangat elok meski dengan biaya yang sangat hemat.

Gagasan Bu Reni meniadakan tampilan artis dari luar di panggung Wibhakta bukanlah suatu gagasan untuk membatasi tetapi dibalik itu Bu Reni mempunyai tujuan yang besar untuk memberikan wadah pengembangan kreativitas dan apresiasi seni bagi semua siswa. Syukurlah Mas Yudha sebagai ketua OSIS bisa membuktikan dengan pelaksanaan GPBT dan Closing Ceremony Lustrum yang sukses dan begitu memukau. Itulah kesempatan siswa untuk berkarya, bukan hanya sebagai penonton dan follower saja.

Pada dasarnya kepemimpinan masa bakti 2012/2013 sudah amat bagus, namun hal yang perlu dievaluasi adalah ketertiban administrasi. LPJ sebaiknya tidak terlambat sehingga tidak membebani.

Setiap tahun OSIS dinilai oleh Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta dari aspek Penampilan, Pelayanan dan Prestasi (3P). Hasil penilaian 3P tersebut kurang bagus karena ruang OSIS tidak tertata dengan rapi, terkesan kotor. Maka kedepannya mohon ruang OSIS harus dijaga kerapiannya. Setiap selesai melaksanakan kegiatan mohon segala perlengkapan ditata kembali dengan rapi. Hal ini bukan merupakan hal yang sulit jika kita membiasakan diri. Keep clean and put everything in the right place.

            Mas Yudha, pribadinya sangat baik, sopan dalam bertutu kata, mampu berkomunikasi keatas,kesamping dank e bawah, gigih, tidak putus asa, dan pandai membawa suasana. Mas Yudha sosok pemimpin yang demokratis.

Mas Yudha sebagai Ketua Umum tidak mungkin bisa melaksanakan program OSIS tanpa kontribusi yang sinergis dari pengurusnya. Jika kita berbicara OSIS 2012/2013 sukses, artinya Ketua Umum dan seluruh pengurus OSIS lah yang sukses. Jaid peran pengurus sangat penting. Kekompakan pengurus sangat diperlukan untuk kesuksesan kepemimpinan OSIS.

Sosok pemimpin OSIS yang baik harus memiliki beberapa karakter yang baik, yaitu :

  1. Betanggung jawab

Seorang ketua (pemimpin) harulah memiliki rasa tanggung jawab yang besar, baik kepada dirinya sendiri maupun kepada bawahan – bahawannya. Lotalitas terhadap sekolah juga harus dimiliki oleh ketua OSIS.

  1. Berbudi pekerti yang baik

Seorang ketua OSIS harus menjadi contoh yang baik bagi siswa yang lainnya, supaya sekolahnya menjadi lebih baik lagi, baik dalam pendidikan maupun dalam budi pekertinya.

  1. Cerdas dan Kreatif

Seorang ketua OSIS itu haruslah memilikimkecerdasan dan kreatifitas yang tinggi. Supaya dalam kepemimpinannya nanti dapat membuat dan melaksanakan program kerja yang bagus bagi sekolahnya. Seorang pemimpin yang cerdas akan mampu melaksanakan program dengan baik serta menyelesaikan segala permasalahan dengan arif dan tidak mudah terpengaruh oleh tekanan – tekanan yang mungkin bersifat negative.

  1. Berakhlaq mulia

Seorang ketua OSIS itu harus rajin beribadah. Maksudnya adalah supaya siswa – siswa yang lain termotivasi untuk menggiatkan mendekatkan diri kapada Tuhan YME. Ketua OSIS juga harus mempunyai sifat terbuka dan toleran karena dia adlaah pemimpin untuk semua siswa yang beragam agamanya.

  1. Komunikatif

Makdusnya adalah, ketua OSIS itu harus sering mendiskusikan tentang rencana – rencana kepada anggota – anggotanya yang lain, supaya kekompakkan di dalam OSIS itu sendiri terjaga.

Seorang pemimpin dapat sukses apabila :

  1. Memiliki Visi

Sebagai seorang pemimpin harus tahu betul apa visi t=yang diembannya. Bila diibaratkan ingin bepergian, sudah tahu tempat yang ingin dituju. Jangan sampai melakukan bepergian tapi tak tahu mau kemana, pasti arah dan tindakannya pun tak akan jelas.

 

  1. Memiliki Misi

Setelah tahu betul visi yang ingin diraih, seorang pemimpin harus bisa menentukan misi. Artinya harus bisa menentukan jalan yang harus dilaluui agar bisa sampai pada tenpat tujuan. Disini, pemimpin dituntut untuk bisa menemukan langkah – langkah apa saja yang diperlukan sebagai sarana meraih tujuan.

 

  1. Melakukan Aksi Nyata

Setelah punya visi dan misi yang jelas, langkah berikutnya adalah beraksi. Encana besar dan luar biasa hanya akan berhasil jika dilakukan, bukan Cuma di pikiran. Untuk itu, seorang pemimpin harus bisa merealisasikan gagasannya melalui aksi – aksi nyata. Ketua OSIS tidak boleh hanya pandai berbicara, tapi dia harus bis amemberikan contoh nyata dalam meralisasikan idenya.

 

  1. Be a good listener

Dalam menentukan kebijakan atau keputusan, seornag pemimpin tidak boleh sepihak. Meskipun menurutnya sudah yang terbaik, tapi akan lebih baik jika dibicarakan dengan bawahannya dulu untuk diberi mnasukan. Karena tak satu pun manusia yang sempurna tanpa kesalahan. Namun juga harus diingat a good listener bukan berarti setiap usul diterima sehinggga menggoyahkan prinsip – prinsip kepemimpinannya. A good listener harus bijaksana dan mampu menyaring input yang diterima

 

  1. Tidak Mudah Menyerah dan Berani Ambil Resiko

Semangat yang tinggi perlu dijaga oleh pemimpin and never give up.Selain itu, seornag pemimpin juga tidak boleh takut dan harus berani ambil resiko saat mengambil keputusan. Ada proverb yang mengatakan : Janganlah engkau terbuai karena pujian, namun jangan pula marah karena cacian. Pemimpin harus berjiwa kuat dalam menghadapi segala kondisi.

 

  1. Peduli

Jangan sampai seornag pemimpin merasa gengsi bahkan tak suka dekat dengan bawahan. Justru sebaliknya, bersikaplah care tapi terukur ( tidak kebablasan) dan usahakan bisa menciptakan komunikasi relationship dengan bawahan. Kareba emosional relationship akan membantu meningkatkan kinerja mereka

 

  1. Mampu Mengenali Kelebihan dan Kelemahan Pribadi

Seorang pemimpin harus bisa mengenali kelebihan dan kekurangannya, lalu menonjolkan kelebihannya dan sebisa mungkin menghilangkan kebiasaan yang termasuk kelemahannya.

 

  1. Mampu Mengenali Kelebihan dan Kelemahan Bawahan

Selain mengetahui diri sendiri, seorang pemimpin juga dituntut bisa mengenali kelebihan dan kekurangan bawahannya. Dengan demikian akan bisa memaksimalkan fungsi dan perannya sesuai kelebihannya.

Bu Reni berharap OSIS 2013/2014 bisa melanjutkan kegiatan, kinerja, dan program – program yang telah memberikan hasil yang baik pada tahun – tahun yang lalu. Keberhasilan OSIS tidak hanya pada tangan ketuanya saja namun merupakan keberhasilan bersama Ketua OSIS dan segenap pengurus serta anggotanya.

OSIS 2013/2014 harus lebih baik dari OSIS sebelumnya karena setiap saat harus ada perubahan yang lebih baik. Pertahankan dan tingkatkan prestasi OSIS dengan kinerja yang baik.