lustrum edit

            Selasa tiga pekan yang lalu (01/10), SMA Negeri 7 Yogyakarta menggelar sebuah upacara yang tidak biasa. Selain upacara dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Oktober, seluruh warga sekolah juga menyelenggarakan upacara Pelantikan Pengurus MPK Masa Bhakti 2013 / 2014 dan Penutupan Kegiatan (Closing Ceremony) Peringatan Lustrum VI SMA Negeri 7 Yogyakarta. Bahkan, di hari istimewa ini kegiatan belajar mengajar ditiadakan.

Pukul 07.15 peserta upacara dan petugas upacara yang berasal dari Pleton Inti Kartika serta paduan suara Wibhakta Bahana Swara sudah siap di lapangan upacara. Upacara dibuka oleh persembahan 2 buah lagu dari Wibhakta Bahana Swara asuhan Ibu Dra. Yulia Wulandari dan Bapak Dedi Ardianto, S.Pd. Setelah itu barulah upacara dimulai dan berjalan dengan khidmat. Pengibaran bendera merah putih dengan formasi pengibar lengkap seperti Peringatan HUT RI juga menjadikan upacara ini lebih istimewa.

Pada kesempatan ini, pembacaan Pembukaan Undang Undang Dasar 1945 dibacakan oleh pemenang Lomba Pembacaan Undang Undang Dasar, Ana Puji Astuti (XII IPA 1). Begitu pula pelafalan Sapta Prasetya Wibhakta yang dipimpin oleh pemenang Lomba Pelafalan Sapta Prasetya Wibhakta, Sugiati (XII IPA 3).

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2013 ini kemudian dilanjutkan dengan Pelantikan Pengurus MPK Masa Bhakti 2013 / 2014. Pada hari Selasa itu lah, Arin Anastasyah Sukma (XII IPS 1) selaku ketua MPK Masa Bhakti 2012 / 2013 resmi purna tugas. Sementara itu, Rifka Nugrahani Safitri (XI IPA 2) telah dilantik dan resmi menjadi ketua MPK Masa Bhakti 2013 / 2014.

Tidak membuang waktu lama, upacara pun dilanjutkan dengan memasuki sesi Closing Ceremony Lustrum VI SMA Negeri 7 Yogyakarta. Pelepasan Balon diiringi Mars SMA Negeri 7 Yogyakarta oleh ketua komite, Ir. Hadi Prabowo menandai berakhirnya serangkaian kegiatan Lustrum VI SMA Negeri 7 Yogyakarta. Persembahan beberapa lagu dari Wibhakta Bahana Swara serta serangkaian doa yang dihaturkan oleh Bapak Drs. Suyono, M.Ag juga menambah kesan khidmat dan meriah dari upacara yang berlangsung sekitar 2 jam ini.

Slogan tiada upacara tanpa piala agaknya tepat diberikan untuk SMA Negeri 7 Yogyakarta. Pasalnya hampir setiap upacara selalu ada piala. Bahkan di hari istimewa itu pun terdapat penyerahan piala dari siswa. Diantaranya Juara I Lomba Resensi Buku Bahasa Jawa kategori Putra se-DIY, Juara III Lomba Resensi Buku Bahasa Jawa kategori Putri se-DIY, dan Juara Lomba Pencak Silat. Hal ini menjadi salah satu kado yang manis bagi Ulang Tahun SMA Negeri 7 Yogyakarta.

Setelah upacara selesai, seluruh guru dan karyawan mengadakan doa bersama dan pemotongan tumpeng di Bangsal Wiyatamandala. Seluruh siswa pun diperkenankan memakan nasi kuning yang sudah disiapkan. Namun, terlihat pula berbagai kesibukan dari sebagian kelas. Ternyata mereka sedang mempersiapkan diri untuk tampil pada Parade Seni Siswa yang digelar sekitar pukul 10.00.

Kelas-kelas yang sudah terpilih dari audisi yang diadakan sebelumnya tampil maksimal. Terdapat 9 kelas yang terdiri dari kelas X1, X3, X4, XI IPA 3, XI IPS 1, XI IPS 2, XII IPA 3, XII IPA 5, dan XII IPS 3 yang menampilkan berbagai macam atraksi. Kelas X1 berhasil menampilkan wushu yang dipadukan dengan musik instrumental My Heart Will Go On dan sukses membuat semua warga SMA Negeri 7 Yogyakarta tersihir oleh setiap gerakan dan ayunan pedangnya.

Kelas X3 dengan nuansa Jawa dan serba batik berhasil menghibur dengan musik kreatif dari barang bekas dan dance yang memukau. Begitupun penyanyi dari kelas X4 yang pernah memenangkan berbagai kejuaraan menyanyi berhasil memukau pendengar dengan beberapa lagu termasuk lagu Greenade yang dipopulerkan oleh Bruno Mars.

Kelas XI IPA 3 membuka penampilan mereka dengan menyanyikan beberapa lagu seperti Bondan Prakoso – Ya Sudahlah, dan Superman Is Dead – Jika Kami Bersama. Setelah itu, mereka berjalan menuju meja-meja yang telah disediakan dan di atasnya terdapat banyak gelas. Ternyata, penampilan utama mereka adalah covering lagu When I’m Gone (Cup Song). XI IPA 3 berhasil memukau seluruh warga SMA Negeri 7 Yogyakarta.

Sebuah lagu EXO yang berjudul Mama dengan diiringi dance yang apik membuka penampilan kelas XI IPS 1. Penampilan mereka ditutup oleh goyang Caesar yang berhasil memanaskan suasana dan mengajak penonton bergoyang bersama. Kelas XI IPS 2 pun tak kalah heboh dengan menampilkan flashback seluruh kegiatan dalam rangka Lustrum VI SMA Negeri 7 Yogyakarta, mulai dari Wibhakta Science Competition 2013 hingga Lomba Baris Berbaris Wibhakta 2013.

Kelas XII yang tak lama lagi akan menghadapi serangkaian ujian juga tak mau kalah. Kelas XII IPA 3 menampilkan sebuah minidrama yang lengkap dengan tari tradisional Tari Sekar Pudyastuti, dipadukan oleh pembacaan puisi bertemakan persahabatan, olah vokal dan dance, serta flashmob semua anggota kelas XII IPA 3 dengan lagu I Love It yang dipopulerkan oleh Icona Pop dan sukses memukau seluruh warga SMA Negeri 7 Yogyakarta.

Kelas XII IPA 5 juga memberikan penampilan terbaiknya lewat beberapa lagu dan flashmob yang sangat heboh menggunakan beberapa lagu dari JKT48 dan membuat beberapa fans dari JKT48 di SMAN 7 Yogyakarta turut menari bersama. Penampilan marching band yang luar biasa hebat dan memukau dari kelas XII IPS 3 diiringi kostum yang menarik dan dance dengan properti kipas dan bendera yang sangat meriah. Kelas XII IPS 3 benar-benar total pada penampilan mereka kali ini dan mendapat perhatian serta applause yang meriah.

Setelah semua kelas tampil, giliran Club Seni Seveners (CSS) yang unjuk kebolehan. CSS mempersembahkan sebuah drama yang dipadukan oleh dance, pantomim, olah vokal, serta Seveners Band. Jalan cerita drama yang disuguhkan CSS ini sebenarnya merupakan sejarah SMA Negeri 7 hingga sekarang yang telah digubah dan dipersonifikasikan. CSS juga membuat pameran lukisan mini yang bertemakan tentang lustrum VI SMA Negeri 7 Yogyakarta.

Berakhirnya drama dari CSS menandai berakhirnya kegiatan hari ini, sehingga siswa diperbolehkan pulang. Rasa penasaran tentang hasil kejuaraan Parade Seni Siswa pun terbayar dengan diumumkannya para pemenang bersamaan dengan upacara Pelantikan Pengurus OSIS Masa Bhakti 2013/2014 yang dilaksanakan hari ini (21/10) di Kampus SMAN 7 Yogyakarta. Kelas X1 menjadi juara harapan 2, kelas X4 menjadi juara harapan 1, sementara juara III diraih oleh kelas XI IPS 2, dan juara II oleh kelas XII IPA 5. Akhirnya, kelas yang berhasil meraih juara I pada Parade Seni Siswa adalah kelas XII IPS 3.

Upacara pelantikan hari ini juga menandai berakhirnya masa jabatan OSIS 2012/2013 yang diketuai Yudha Puratmaja, dan resminya masa jabatan OSIS 2013/2014 yang diketuai Putri Kartika Ayu Ratri. Semoga pengurus OSIS masa bhakti 2013/2014 dapat bekerja sama dengan MPK masa bhakti 2013/2014, mengemban amanah demi mewujudkan kemajuan SMA Negeri 7 Yogyakarta tercinta. Dirgahayu sekolahku!