Gladi Taruna Bhakti atau yang sering kita dengar dengan sebutan GTB merupakan satu kegiatan yang dilaksanakan seusai MOPD. GTB sering diartikan sebagai “acara penyambutan” untuk adik-adik kelas X SMAN 7 Yogyakarta. Kegiatan yang mengedepankan sikap disiplin, tanggung jawab, kerjasama, dan kesopanan ini adalah sebuah kegiatan rutin dan wajib yang dilaksanakan setiap tahunnya. GTB pada tahun 2013 ini mengusung tema inti yaitu “Bersama Membangun Generasi Berkarakter, Berjiwa Pemimpin, dan Berprestasi”. Dengan tema tersebut diharapkan, adik-adik mulai bisa mengerti pentingnya jiwa yang berkarakter yang timbul dari diri pribadi, serta menumbuhkan sikap kepemimpinan yang senantiasa berprestasi baik dalam segala bidang(akademik/non akademik).
GTB 2013 kali ini cukup menarik mengingat dilangsungkannya kegiatan ini bertepatan dengan moment hari kemerdekaan. Bukan hanya itu, GTB 2013 kali ini juga berbeda dengan tahun sebelumnya. Hal itu terlihat dari waktu pelaksanaan yang diadakan dengan waktu lebih lama yakni lima hari berturut-turut pada tanggal 28 Agustus – 1 September 2013 yang diawali dengan Technical Meeting pada hari Sabtu, 24 Agustus 2013 di Bangsal Wiyatamandala. Tidak adanya tugas-tugas yang memberatkan adik-adiknya adalah salah satu hal yang membuat kegiatan GTB 2013 juga berbeda. Dengan begitu adik-adik masih dapat fokus ke kegiatan belajar dikelas walaupun mengikuti kegiatan GTB.
Pada GTB 2013 kali ini tidak hanya mengusung tema inti saja, namun juga diusung tema-tema perhari yang memiliki tujuan positif.
Hari pertama(28/08) “Cinta Almamater”
Hari kedua (29/08) “Disiplin dan Kepemimpinan”
Hari ketiga(30/08) “Introspeksi”
Hari Keempat(31/08) “Kerjasama’
Hari Kelima(01/09) “Kekeluargaan”
Walaupun dalam pelaksanaannya GTB memfokuskan pada pemilihan anggota baru tonti namun GTB tetap tidak melupakan kegiatan-kegiatan lain yang menunjang dalam proses pendidikan yang berkarakter, dengan jiwa kepemimpinan yang berprestasi sesuai tema inti dan mensinkronkan tema-tema perhari untuk diterapkan. Oleh karena itu, didalam kegiatan GTB selalu diterapkan pembelajaran yang bernilai positif untuk membentuk karakter dari peserta Gladi Taruna Bhakti 2013.
Dalam penutupan kegiatan di hari terkahir GTB 2013 adik-adik diajak untuk melakukan senam pramuka. Senam pramuka dipilih dengan tujuan untuk memperkenalkan Pramuka SMAN 7 Yogyakarta yang masih baru. Dilanjutkan dengan jalan sehat mengelilingi daerah sekitar SMAN 7 Yogyakarta dengan tujuan mengenalkan lingkungan sekitar serta mengajak adik-adik untuk selalu menerapkan 3S (senyum, sapa, salam) dimanapun berada. Seusai acara jalan sehat dilanjutkan dengan berbagai perlombaan seperti, Pelafalan Sapta Prasetya Wibhakta, Lomba Baris-Berbaris, Lomba Yel-Yel dan Pentas Seni. Tidak lupa juga pengumpulan pembukuan kata-kata mutiara yang telah dibuat pada hari sebelumnya oleh tiap kelas pleton. Tidak kalah meriahnya dengan peserta, Kakak-kakak anggota pleton inti juga menampilkan “TB” atau Tarian Badan yang unik dan menarik yang disambut antusias tepuk tangan dan senyum bahagia dari para peserta. Dan acara Gladi Taruna Bhakti 2013 ditutup dengan pengumuman kejuaran dari lomba-lomba juga pengumuman Adik TER- serta Kakak TER-. Dan Gladi Taruna Bhakti telah usai dengan senyum dan semangat baru dari adik-adik kelas X serta kakak-kakak panitia kelas XI dan XII. Pada akhirnya “Selamat Datang Adik-Adik Seveners 016 di SMAN 7 Yogyakarta”. GTB 2013! Sukses!