Marhabban Yaa Ramadhan
Marhabban Yaa Ramadhan
Marhabban Yaa Ramadhan
Memasuki bulan suci Ramadhan 1434 H ini, Rohis Adz-Dzikri mengadakan Kegiatan Ramadhan 1434 H, kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Rohis Adz-Dzikri SMA N 7 Yogyakarta khusus untuk memperingati datangnya bulan suci Ramadhan 1434 H. Khusus edisi tahun ini, panitia mengangkat tema “Art, Love, and, Glory in Ramadhan”, dengan maksud untuk mengajak segenap siswa SMA N 7 Yogyakarta untuk tetap berkarya / bekerja dengan penuh cinta damai demi lahirnya kemenangan di bulan suci ini. Di samping itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan Rohis kepada adik-adik kelas baru angkatan 016.
Beberapa acara yang diadakan dan termasuk dalam Kegiatan Ramadhan 1434 H, diantaranya adalah : Pengajian Awal Ramadhan, Buka Bersama Kelas X, Buka Bersama Kelas XII, Pengajian Nuzulul Quran, serta Pembagian Zakat Fitrah. Semua acara tersebut diselenggarakan di Bangsal Wiyatamandala. Selain itu, diadakan pula lomba-lomba, antara lain : mading, cerpen, dan kaligrafi untuk kelas X dan XI. Lomba dikumpulkan paling lambat tanggal 29 Juli 2013, dan akan diumumkan hasilnya pada saat pengajian Nuzulul Quran tanggal 31 Juli 2013.

Acara pertama Kegiatan Ramadhan 1434 H adalah Pengajian Awal Ramadhan yang diselenggarakan tanggal 18 Juli 2013 pukul 10.00 – 11.00 dengan target peserta seluruh siswa muslim kelas X, XI, dan XII. Dalam pengajian ini, Ustad Fatan selaku pengisi acara memberikan pengajian yang berbobot meskipun dalam waktu yang singkat. Bisa dibilang sangat sinkron dengan realita kehidupan siswa-siswi SMA 7 yang tengah memasuki masa remaja. Yaitu, apalagi kalau bukan soal pacaran. Masalah klasik yang selalu menarik untuk dibahas, dan Ustad Fatan berhasil membuat seluruh peserta yang hadir tafakur untuk memahami makna pacaran dari sudut pandang Islam.

Acara kedua ialah Buka Bersama Kelas X pada tanggal 22 Juli 2013 yang pesertanya adalah adik-adik kelas X yang masih hijau. Acara ini disponsori oleh Pocari Sweat. Pertama acara ini dibuka dengan sambutan Akbar Yoga Pratama selaku Ketua Panitia, dilanjutkan oleh sambutan Bapak Suyono selaku pembina Rohis dan perwakilan dari pihak sekolah, dan masih dilanjutkan oleh Mas Danang sebagai perwakilan dari pihak sponsor. Setelah sambutan adalah presentasi singkat dari pihak sponsor dan dilanjutkan oleh hiburan yang disediakan oleh pihak sponsor pula. Masuk ke acara inti yaitu pengajian dari Ustad Sayid. Materi pengajian yang ringan dan lucu, tidak hanya mengundang gelak tawa dari para peserta, tapi juga antusiasme mereka dalam menyerap materi. Kajian berlangsung sampai adzan maghrib berkumandang sebelum masuk ke acara buka bersama dan sholat maghrib berjamaah di bangsal. Lepas itu, para peserta mendapat mentoring Ramadhan dari kakak-kakak Musthofa dan beberapa kakak kelas 12 sampai waktu sholat Isya. Sebagai penutup, diadakan sholat Isya dan Tarawih berjamaah. Mengingat antusiasme peserta dalam mengikuti acara dari awal sampai akhir, acara ini bisa dibilang sukses.

Acara ketiga dalam rangkaian kegiatan Ramadhan 1434 H adalah Buka Bersama Kelas XII yang dihelat pada tanggal 24 Juli 2013. Mendapat dukungan sponsor oleh Geronimo FM melalui program SASISOMA (Sana Sini Soal Agama), acara ini bisa dibilang sukses. Persiapan matang sejak awal menjadi kuncinya. Acara ini dibuka oleh sambutan dari Ketua Panitia, Pembina Rohis sekaligus perwakilan dari sekolah. Tepat pukul 16.30, Geronimo FM on-air SASISOMA-nya dipandu oleh penyiar mereka, Dani Arya. SASISOMA sendiri merupakan kajian inti di buka bersama ini. Dani Arya bersama Ustad Ahmad menyampaikan kajian bermaterikan pakaian yang benar menurut Islam, khususnya bagi para akhwat. Setelah pengajian, ada perkenalan dari suatu program favorit Geronimo, yaitu Kos-Kosan Gayam (KKG). Beberapa pemeran KKG hadir disana, Awang Adjiewasita (Icuk), Hengky Koerniawan (Parwoto), dan Dani Arya (Sangadi), berhasil membuat para peserta tertawa dengan hiburan stand-up comedy mereka sampai adzan maghrib berkumandang. Setelah buka puasa, dilanjutkan dengan hiburan akustik dari SolehKustik Band dari UNY. Acara ini diakhiri dengan sholat Isya dan Tarawih berjamaah.

Tibalah acara puncak Kegiatan Ramadhan 1434 H. Masih dengan semangat Ramadhan, seluruh siswa muslim SMA N 7 Yogya dengan antusias menghadiri Pengajian Nuzulul Quran di Bangsal Wiyatamandala pada pukul 10.00. Acara ini dibuka oleh sambutan dari Kepala Sekolah tercinta, Ibu Reni Herawati. Pemateri dalam kajian kali ini adalah Ustad Budi, bapak ustad yang satu ini sangat ramah dan komunikatif. Para peserta tampak menikmati kajian ini. Acara ini diakhiri dengan pembagian hadiah kepada para juara lomba-loma Ramadhan 1434 H. Juara 1 Mading adalah kelas X6, juara 1 Cerpen yaitu kelas XI IPA 1, dan juara 1 Kaligrafi juga disabet kelas X6. Dengan begitu, berakhirlah serangkaian acara peringatan Ramadhan 1434 H.

– Muhammad Yoga Akbar-