Rabu, 19 Juni 2013, SMA N 7 Yogyakarta melakukan kunjungan kemitraan dengan SMA N 1 Magelang. Acara tersebut bertujuan untuk menambah wawasan, dan saling menggali informasi untuk kemajuan dua belah pihak sekolah. Acara tersebut berlangsung dari pukul 09.00 WIB sampai 20.00 WIB. Acara yang dihadiri oleh OSIS, MPK, dan beberapa guru itu diakhiri dengan kunjungan ke Ketep Pass.

Sebelum rombongan meninggalkan SMA N 7 Yogyakarta, Ibu Reni Herawati selaku kepala sekolah memberikan nasehat kepada OSIS dan MPK agar senantiasa mengindahkan pepatah jawa yang berbunyi “Aja dumeh lan aja gumunan”. Nasihat Ibu Kepala Sekolah itu menjadi pedoman para peserta dalam kegiatan hari itu.

Pukul 09.00 WIB, rombongan meninggalkan SMA N 7 Yogykarta menuju SMA N 1 Magelang. Perjalanan selama kurang lebih dua jam tersebut banyak dihabiskan anggota OSIS dan MPK untuk share berbagai macam hal. Tepatnya pukul 11.00 WIB, rombongan tiba di SMA N 1 Magelang.

Acara puncak pada hari itu dibuka dengan sambutan pihak sekolah SMA N 1 Magelang dan SMA N 7 Yogyakarta. Dilanjutkan dengan presentasi program-program kerja keduabelah pihak sekolah, baik program kerja OSIS, maupun MPK. Seusai presentasi, diadakan diskusi dan tanya jawab. Sesi ini berlangsung dengan seru dan pihak OSIS&MPK dari dua sekolah ini sangat aktiv dalam mendiskusikan  program-program kerja yang telah dipresentasikan. Selanjutnya OSIS&MPK dari SMA N 7 Yogyakarta mendapat kesempatan untuk berkunjung ke basecamp OSIS&MPK dari SMA N 1 Magelang untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai program kerja dan sistem-sistem dalam mengemban tugas sebagai OSIS&MPK.

Pukul 15.30 WIB rombongan meninggalkan SMA N 1 Magelang dan melanjutkan perjalanan menuju Ketep Pass. Rombongan tiba di Ketep Pass pukul 17.00 WIB. Di Ketep Pass, anggota OSIS&MPK dan beberapa guru pendamping menikmati pemandangan yang disajikan sore itu.  Lebih tepatnya, keindahan dan pesona dari Gunung Merapi. Peserta rombongan tidak lupa untuk mengunjungi Museum Gunung Api dan tidak henti-hentinya memancarkan kakaguman diwajah mereka.

Pukul 18.00 WIB, rombongan OSIS&MPK meninggalkan Ketep Pass menuju SMA N 7 Yogyakarta. Perjalanan yang ditempuh selama kurang lebih dua jam itu berakhir pada pukul 20.00 WIB. Rombongan OSIS&MPK sampai SMA N 7 Yogyakarta dengan selamat dan dengan banyak ilmu serta pengalaman yang didapat selama kunjungan kemitraan di SMA N 1 Magelang.