International Competition1

International Competition SMAN 7 Yogyakarta 2013: Duet Budaya Jepang dan Inggris

                Dalam rangka memperingati Lustrum VI, SMAN 7 Yogyakarta mengadakan Wibhakta English Debate Competition dan Wibhakta Japanese Competition yang dikemas dalam satu event bertajuk International Competition 2013 pada Sabtu-Minggu (25-26/05).

Babak penyisihan Wibhakta English Debate Competition yang diketuai oleh Agatya Amas Rosmauli S, dilaksanakan Sabtu diikuti oleh 13 tim dari SMA dan SMK se-Daerah Istimewa Yogyakarta. Sementara, untuk babak semifinal dan final diselenggarakan Minggu di SMAN 7 Yogyakarta. Dalam lomba ini, yang berhasil menjadi juara pertama adalah tim SMAN 5 Yogyakarta dan SMAN 1 Yogyakarta menjadi juara kedua. Adapun untuk best speaker diraih oleh Rachel D Dwyarie dari SMAN 9 Yogyakarta.

Sementara, Japanese Competition yang diketuai oleh Nurul Asniatin diadakan hari Minggu terdiri dari Lomba Cerdas Cermat Jepang, Menulis Hiragana-Katakana, Rodoku (story telling), Shodou (menulis kanji), dan Doujinshi (membuat komik), serta workshop aikido, cha no yuu (upacara minum teh), origami, dan berbagai stand.

Dalam event ini terdapat juga banyak hiburan dari CSS (Club Seni Seveners) dan J-Club SMAN 7 Yogyakarta. Diantaranya adalah vokal grup dari CSS, beat box oleh Rizki Nur (X1) dkk, pantomime dari smavenmime, dan duet gitar akustik oleh Seveners Bands angkatan 1 yaitu Mas Hendra Permana dan Mas Hanif Yudha. Seveners Cheerleaders juga berhasil menghibur seluruh peserta International Competition di depan Bangsal Wiyata Mandala.

Untuk Lomba Cerdas Cermat, juara 1 diraih oleh tim SMAN 8 Yogyakarta, sementara juara 2 dan juara 3 diraih oleh SMAN 5 Yogyakarta yang mengirim 2 tim. Untuk Lomba Menulis Hiragana-Katakana juara 1 diraih oleh Dita Widy SMAN 1 Yogyakarta, juara 2 oleh Ratna Nur’aini SMAN 8 Yogyakarta, dan juara 3 oleh Monita Sarah Maestri SMP Budi Mulia 2.

Juara 1 Rodoku diraih oleh Afiat Nur Siwi SMK SMTI Yogyakarta, juara 2 Aulia Ilma Azizah SMAN 4 Yogyakarta, dan juara 3 Intan Baiduri Vipharitta SMAN 5 Yogyakarta. Juara 1 Shodou diraih oleh Guntur Saputro SMA Sang Timur, juara 2 Putri Dwy Khalyana SMKN 1 Godean, dan juara 3 Lintang Rizky SMAN 4 Yogyakarta. Sementara untuk Doujinshi juara 1 oleh Dieksa Bebadito SMAN 5 Yogyakarta, juara 2 Sulistyanti Syamsul SMA IT Abu Bakar, dan juara 3 Thomas Yopa SMA Bopkri 1 Yogyakarta.

 

Oleh : Erwita Danu Gondohutami