Camping Ilmiah Seveners, Camping Istimewa Seveners.

Ada yang berbeda di SMAN 7 Yogyakarta pada tanggal 10 Mei 2013 pagi, anak-anak dengan seragam pramuka lengkap, barang bawaan, tongkat beserta bendera kelompok tampak sibuk mengecek barang bawaan mereka, dan melakukan registrasi ulang di depan gedung induk. Sesekali mereka mengeluh entah karena kurang tidur atau kesiangan. Oh, ternyata pagi itu Seveners 015 sedang menunggu upacara pelepasan keberangkatan ke Bumi Perkemahan Sinolewah di Cangkringan, Sleman dalam rangka Camping Ilmiah Seveners. Ya, event tahunan program kerja sekolah dan OSIS Wibhakta ini terselenggara pada 10-12 Mei 2013 atau 3 hari 2 malam dengan mengambil tema “Happy Scout Science Camp”.

Tujuan CIS sendiri yang dimaksudkan agar melatih kemandirian, kekeluargaan, dan cinta alam ini lebih menitik beratkan konsep pramuka di dalamnya. Pasalnya pada tahun ini, di sekolah kita tercinta, SMAN7 Yogyakarta sudah terbentuk Dewan Ambalan yang bertugas memberi latihan kepramukaan kepada adik-adik seveners 015. Tentu sangat disayangkan apabila materi-materi yang diajarkan kakak-kakak Dewan Ambalan tidak dipraktekkan di perkemahan. Berbeda dengan tahun lalu yang nama-nama sangga atau kelompok regunya diberi nama dengan nama wayang, tahun ini nama-nama sangga di Camping Ilmiah Seveners 2013 diberi nama orang-orang paling berpengaruh di dunia. Misal : Ir. Soekarno, Kartini, Marie Curie, Hellen Keller, Boden Powell, dan sebagainya. Bentuk kegiatannya pun tak kalah menarik, ada kemah di alam terbuka, penelitian ilmiah tertulis (KIR), outbond, caraka malam, lomba seni dan budaya, pentas seni, api unggun, merti desa, candra diri, dan inovasi tahun ini adalah bakti sosial “Berbagi Kasih” di Hunian Tetap Pelemsari yang letaknya tak jauh dari lokasi perkemahan. Disana selain memberikan bantuan berupa paket sembako kepada korban erupsi gunung merapi, para siswa dari perwakilan sangga, panitia, dan guru SMAN 7 Yogyakarta juga menjalin keakraban dan berfoto bersama.  Semenjak Technical meeting peserta yang diadakan pada 1 Mei 2013 antusiasme peserta sangat tinggi. Terbukti setiap sore menjelang acara, SMAN 7 Yogyakarta masih penuh dengan anak-anak yang berkumpul guna membahas persiapan dari CIS ini sendiri. Dan terbukti pada saat hari H yaitu 10, 11, dan 12 Mei seluruh kegiatan dapat terlaksana lancar karena adanya kerjasama dari peserta, panitia dan pihak sekolah.

Seperti caraka malam, lomba kreasi makanan kentang dan minuman santan, kerajinan dari barang bekas, sket panorama, pentas seni dengan tema paduan suara tembang jawa, boy band and girlband, akustik dan drama musikal, api unggun, candra diri atau renungan, dan puncak acara yaitu outbond, seluruh siswa nampak tetap bersemangat hingga menjelang kepulangan ke SMA Negeri 7 Yogyakarta tercinta. Meskipun di tengah-tengah acara, sempat terhadang hujan, udara yang sangat dingin dan kabut, namun rasa kebersamaan, royalitas dan totalitas dari angkatan 014 dan 015, mampu mengalahkan ketakutan, kedinginan, dan ketidakmungkinan. Camping Ilmiah Seveners 2013 suksess!! Camping Ilmiah Seveners, Camping Istimewa Seveners.

Oleh : Larasati Muthia A.R