Study banding dari SMAN 1 Mertoyudan Magelang ke sekolah kita tercinta, membuat suasana di dalam sekolah terasa berbeda dari hari-hari biasanya. Study banding yang diaakan oleh SMA N 1 Mertoyudan dan SMA N 7 Yogyakarta bertujuan untuk  menambah wawasan, pengalaman, dan ilmu yang bermanfaat mengenai Program Kerja OSIS/MPK beserta ciri khas masing – masing sekolah. Pada tanggal 26 Maret 2013, tepatnya pukul setengah sepuluh, rombongan dari SMAN 1 Mertoyudan sampai di SMAN 7 Yogyakarta, kedatangan mereka disambut dengan sukacita dari pengurus OSIS/MPK Wibhakta.
Setelah acara penyambutan kedatangan mereka, dilanjutkan dengan registrasi tamu sekaligus pembagian snack pagi. Acara dimulai dengan sambutan dari Ketua OSIS SMAN 7 Yogyakarta, Yudha Puratmaja. Selanjutnya Ibu Reni Herawati selaku Kepala SMAN 7 Yogyakarta, Ketua OSIS SMAN 1 Mertoyudan Magelang, Widiyanto. Kepala Sekolah SMAN 1 Mertoyudan, Bapak Yasin dan Ketua MPK SMAN 7 Yogyakarta, Arin Anastasyah Sukma.
Setelah sambutan-sambutan, lalu di lanjutkan dengan perkenalan anggota OSIS/MPK SMAN 7 Yogyakarta dan SMAN 1 Mertoyudan Magelang dan penjelasan mengenai program kerja OSIS/MPK SMAN 7 Yogyakarta dengan SMAN 1 Mertoyudan, sekaligus sesi tanya jawab. Suatu hal yang sangat menarik diperbincangkan dari SMAN 1 Mertoyudan Magelang adalah adanya PKS, yang memiliki tugas  untuk mengatur siswa-siswi yang tidak taat akan peraturan, memeriksa perlengkapan seragam, dan merazia perlengkapan berkendara, seperti SIM dan STNK, setelah selesai membacakan materinya,
sampailah pada  acara yang ditunggu-tunggu, yakni  mengelilingi SMAN 7 Yogyakarta didampingi dengan Tour Guide masing-masing, pada awalnya rombongan dibagi menjadi 2 kelompok yakni A dan B, kelompok dibagi untuk mengefisiensi pengenalan sudut-sudut sarana dan prasarana SMAN 7 Yogyakarta. Ada yang dimulai dari sayap Timur, dan ada yang dari sayap Barat. Setelah itu kembali lagi ke Bangsal Wiyatamandala untuk istirahat dan makan siang sekaligus dihibur dengan CSS( Club Seni Seveners) yakni Seveners Band SMAN 7 Yogyakarta. Acara selanjutnya adalah acara yang paling membuat kami sedih, yakni acara penutup. Di acara penutup ini, Ibu Reni Herawati, mewakili segenap warga SMAN 7 Yogyakarta memberikan kenang-kenangan untuk SMAN 1 Mertoyudan Magelang.
Setelah acara penutupan selesai, dilanjutkan dengan foto bersama. Acara kali ini sangat memberikan nuansa berbeda saat dapat bertukar informasi dan memperoleh lebih banyak pengetahuan lagi yang belum kita dapatkan, semoga keluarga SMAN 7 dan SMAN 1 Mertoyudan dapat menyambung silaturahmi di bergbagai pertemuan kedepannya.