PKL "Seveners Field Research" 2012

Praktek Kerja Lapangan

“Seveners Field Research 2012”

            Praktek Kerja Lapangan (PKL) baru saja terlaksana pada hari selasa, 18 desember 2012, bertempat di Depok, Kretek, Bantul. PKL wajib di ikuti oleh siswa-siswi SMA Negeri 7 Yogyakarta kelas XI IPA maupun IPS, karena nilai dari PKL merupakan syarat menempuh ujian akhir sekolah. Tujuan dari diadakannya kegiatan ini yaitu:

  1. memberikan pemahaman kepada peserta didik mengenai pentingnya lingkungan sebagai sumber belajar alami.
  2. Pengembangan kemampuan ilmiah peserta didik dalam meningkatkan berfikir anlitik, sistematik dan terstruktur melalui pembelajaran discovery dan inquairy.
  3. Pengembangan proses pembelajaran yang melibatkan interaksi langsung antara obyek dan sumber belajar.
  4. Pengaplikasian pembelajaran karya ilmiah remaja yang sudah dibekali selama semester gasal tahun 2012-2013.

PKL ini lebih tepatnya seperti penelitian di lapangan, karena kami langsung terjun ke lapangan dan meneliti obyek yang sudah di tentukan oleh pembimbing KIR. Pembagian obyek penelitaian atau  tema untuk penelitian sudah di tentukan, dalam satu kelas memiliki judul tema yang berbeda-beda.

Sebelumnya kami diharuskan untuk membentuk sebuah kelompok yang terdiri dari 4-5 anggota, dan memilih satu orang untuk menjadi ketua kelompok. Kemudian ketu kelompok tersebut mengambil undian yang menentukan tema untuk satu kelompok. Dari kelas XI IPA dan IPS kemudian bertemu menjadi satu kelompok besar dalam satu tema, masih dibagi lagi menjadi sub tema untuk tiap kelompok kecil perkelas.

Terdapat 6 tema besar yaitu, gumuk pasir, potensi energi, perikanan, peternakan, perkebunan, dan pariwisata. Ketika penelitian di lapangan setiap kelompok menyebar ke daerah yang ditentukan menurut tema. Gumuk pasir ke daerah Parangkusumo, peternakan, perkebunan dan potensi energi di area sekamir Museum Geospasial, serta perikanan di daerah Pantai Depok.

Selain melakukan penelitian, kami juga menikmati keindahaan pantai dan sekitarnya. Di akhir perjalanan, kami semua bersenang-senang melepas lelah di Pantai Depok.

Penelitian ini nantinya akan di susun menjadi sebuah buku yang didalamnya terdapat berbagai judul penelitian dari setiap kelompok dalam satu kelas. Setiap buku nantinya akan dinilai, kelas yang hasil penelitiannya terbaik akan mendapatkan award dan kelas yang kurang baik akan mendapatkan punishment.

 

-Mukhoirotul Khomsah-