Gamelan, satu kata yang sudah tidak asing lagi bagi kita sebagai orang Indonesia, khususnya Yogyakarta. Namun pertanyaannya sekarang, apakah kita sudah benar-benar akrab dengan Gamelan? Pertanyaan seperti itu seharusnya menjadi perenungan tersendiri bagi kita sebagai generasi muda. Karena seperti kita ketahui gamelan lambat laun seolah-olah hilang ditelan zaman. Banyak dari masyarakat Indonesia yang acuh bahkan dengan sadar membiarkan kekayaan luhur budaya bangsa lenyap akibat modernisasi. Hal itulah yang menggugah tim KKN PPL UNY 2012, untuk ikut menghidupkan kembali seni yang hampir mati.

Hal ini terbukti dengan diadakannya acara Apresiasi Seni Musik Gamelan pada hari Senin, 10 September 2012 di Bangsal Wiyata Mandala kemarin. Acara ini merupakan acara penutup dari program kerja mereka di SMAN 7 YK dan sekaligus sebagai acara perpisahan sebelum mereka meninggalkan SMAVEN tercinta. Dalam acara tersebut, tampil pula sebuah band gamelan instrumental “Nafas Urban”. Mereka adalah para Gamelan Lovers yang mencoba mengangkat sisi lain dari Gamelan itu sendiri. Konsep yang mereka usung adalah memadukan antara musik tradisional dengan musik modern. Dan ternyata mereka berhasil memetamorfosiskan gamelan sesuai perkembangan zaman dan mampu memberi warna baru bagi para pecinta gamelan.

Tujuan mereka mengadakan acara ini adalah untuk menumbuhkan rasa cinta dan peduli terhadap budaya yang kita miliki dalam rangka perwujudan visi dan misi sekolah. Dalam kegiatan ini disuguhkan pula berbagai foto hasil karya siswa-siswi SMAN 7 Yogyakarta dalam lomba fotografi yang diadakan beberapa waktu yang lalu oleh tim KKN PPL UNY. Selain itu diakhir acara diumumkan juga pemenang lomba Desain kata-kata bijak, Fotografi dan Kebersihan kelas. Adapun pemenang-pemenang lomba adalah sebagai berikut:

Lomba Desain Kata-kata bijak

  • Juara I            : Kelas XII IPA 5
  • Juara II          : Kelas XII IPA 3
  • Juara III        : Kelas XII IPS 2

Lomba Fotografi

  • Juara I            : Kelas XII IPS 1
  • Juara II          : Kelas X-3
  • Juara III        : Kelas X-5

Lomba Kebersihan Kelas     : Kelas XII IPS 2

(Ditulis oleh Sisca Dwi Ananda, selaku Ketua Pelaksana Acara “Apresiasi Seni Musik Gamelan dan Pameran Fotografi”).