gpbt

Yogyakarta – Gempita Pesona Bhakti Taruna (GPBT) atau biasa dikenal dengan Pensinya SMAVEN memang agenda rutin yang ada di SMA Negeri 7 Yogyakarta. Beberapa tahun terakhir GPBT memang diselenggarakan seperti pensi pada umumnya, yaitu mengundang Band-band ternama. Namun, untuk tahun ini? Beda cerita!

Flashback dulu, setelah memikirkan berbagai pertimbangan dan pengalaman di tahun-tahun sebelumnya, pihak sekolah memutuskan untuk meniadakan GPBT tahun 2012, sebab intensitas kepercayaan sekolah pada acara ini kian menipis. Tetapi sebagai proker OSIS terakhir, pihak OSIS tidak tinggal diam. Maka terbentuklah panitia sembilan yang awalnya mirip seperti organisasi bawah tanah yang keberadaan dan tujuannya tidak diketahui hehe, sebenarnya mereka dibentuk untuk merencanakan GPBT agar tetap ada. Setelah melalui proses yang panjang, entah debat dengan pihak sekolah maupun memikirkan gebrakan baru demi tetap terlaksananya GPBT 2012. Walaupun dengan berbagai syarat yang menyusahkan, akhirnya pihak sekolah menyetujui keinginan OSIS Wibhakta, GPBT tetap ada!

Dua syarat dari sekolah yang sangat menyusahkan yaitu : TIDAK BOLEH MALAM dan TIDAK ADA TICKETING! Tetapi kemudian salah satu syarat boleh dihapus sehingga GPBT tetap diadakan di malam hari.

Lalu konsep atau gebrakan baru nya bagaimana? Pihak OSIS memutuskan untuk tidak lagi mengundang band-band ‘mahal’ seperti pensi pada umumnya, karena setelah ditelaah arti sebenarnya dari Pensi atau Pentas Seni adalah menampilkan kesenian. Maka dibentuklah CSS (Club Seni Seveners) yang sudah kami bicarakan di posting sebelumnya. CSS merupakan wadah siswa/siswi Smaven yang dibentuk oleh OSIS dan akan ditampilkan pada GPBT 2012. Ya, GPBT akan menampilkan bakat internal murni milik para Seveners 013 maupun 014..

Memang setelah mendengar tentang konsep baru atau perubahan ‘adat’ yang dilakukan pihak OSIS, ada beberapa pihak yang kurang menerimanya, tetapi tak sedikit pula yang mendukung dan mengapresiasi ide baru ini. Mulailah panitia sembilan buka suara dan membentuk panitia. Panitia yang dibentuk juga unik, yaitu seluruh angkatan 013 dan beberapa dari 014. Panitia yang banyak itu dititik beratkan pada Dekorasi Artistik, karena GPBT akan dipersembahkan pada kakak-kakak 012 tercinta maka Tema dekornya “WAH meski tak Mewah” yang koornya dipegang oleh Oky Ardiansyah dan Agnes Sulistya.

Hanya dalam hitungan minggu, mulai dengan tirai bangau, lampion, obor kelapa, hingga terowongan jerami, Tim Dekorasi berhasil menyulap SMAVEN dengan sedemikian rupa. Begitupun Tim CSS yang mengikuti latihan rutin dengan serius.

Hingga pada hari H yaitu 1 Juli 2012, GPBT terlaksana! Mulai dari Pendalangan, Band, Teater, Vocal Grup, Pantomim, Cheerleader, Tari Tradisional hingga Tari Modern semua dijadikan satu dengan alur cerita yang diberi judul Rayuan Pulau Kelapa. Dekorasi pun tak kalah meriah, pengunjung disambut dengan boneka Jerami Raksasa di gerbang kemudian di manjakan dengan Red Carpet, sesi Foto hingga masuk ke terowongan jerami yang Gelap sekaligus Romantis.

Para penonton yang terdiri dari Kepala Sekolah, Guru, Karyawan, Bapak Kepala Diknas, Perwakilan seluruh SMA Negeri di Yogyakarta, Alumni, dan yang tamu utamanya adalah Angkatan 012 yang barusan lulus. Meski tidak sempurna, Penampilan GPBT 2012 mendapat apresiasi penuh dari mereka. Kepuasan mereka merupakan bayaran tak ternilai bagi para panitia.. :-)

Panitia GPBT 2012

Panitia GPBT 2012

Harapannya untuk Gempita Pesona Bhakti Taruna tahun berikutnya dan berikutnya akan jauuh lebih sukses melampaui GPBT tahun ini, karena tidak mudah membangun kepercayaan sekolah pada acara ini. Semangat!