Lain-lain

Kunjungan ke PT Sido Muncul

SEMARANG – Kamis 16 Februari 2012, siswa dan siswi kelas 11 SMA Negeri 7 Yogyakarta berkunjung ke PT Sido Muncul dan PT Sinar Sosro. Kunjungan ini adalah salah satu rangkaian kegiatan PKL yang di adakan setiap tahun untuk kelas 11 IPA maupun IPS. Kunjungan di bedakan menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama yaitu kelas XI IPA 1,2,3 dan 4  berkunjung ke PT Sido Muncul dan kelompok yang kedua yaitu kelas XI IPA 5,6 dan kelas XI IPS 1, 2 berkunjung ke PT Sinar Sosro. Pukul 07.00 WIB siswa – siswi berangkat menuju Semarang menggunakan 4 bus yang di telah sediakan sekolah.

Di perjalanan kedua kelompok menyempatkan berhenti ke Museum Kereta Api Ambarawa, namun sa

yang museum tersebut sedang dalam tahap renovasi. Perjalanan pun langsung berlanjut ke tempat PKL, PT Sido Muncul dan PT Sinar Sosro. Sekitar pukul 12.00 WIB kelompok pertama tiba di PT Sido Muncul. Namun kelompok pertama sempat tertahan di luar Pabrik Sido Mucul karena para pegawai sedang istirahat makan siang. Akhirnya kelompok pertama i makan dan mencari masjid sembari menunggu di perbolehkan masuk.

PT Sido Muncul begitu ramah menyambut kedatangan kami. Setelah perkenalan dan mem

bacakan tata tertib di kawasan pabrik, kami pun memulai perjalanan. Perjalanan di mulai dari tempat penyimpanan bahan-bahan baku. Di sana kami dijelaskan bagaimana barang masuk, kriteria bahan yang dijadikan bahan baku dan proses pembersihannya. Lalu kami diantar menuju tempat pengemasan salah satu produk di sana yaitu Kopi Jahe. Kami juga di antar ke laboratorium peramuan jamu untuk diinovasikan.

Perjalan kami berlanjut menuju ke tempat proses pembuatan produk Tolak Angin dan pengemasannya. Tidak ketinggalan kami juga ditunjukkan pembuatan produk Kuku Bima Energi. Setelah kami memutari kawasan pabrik, kami menuju Agrowisata yang terletak di belakang pabrik. Di Agrowisata tersebut terdapat beberapa jenis burung dan beberapa jenis harimau. Yang menarik perhatian siswa adalah terdapat danau buatan dengan air terjun ya

ng indah.

Setelah berfoto di kawasan Agrowisata, siswa di persilahkan memasuki bangsal untuk beristirahat. Saat sesi istirahat ini kami disuguhi snack dan tentunya jamu asli buatan PT Sido Muncul. Sembari menghabiskan snack dan jamu di buka sesi tanya jawab yang sangat antusias di ikuti oleh para siswa. Perjalan kelompok pertama ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dari PT Sido Muncul dan SMA Negeri 7 Yogyakarta.

 

Perjalanan dilanjutkan dengan berkunjung ku Masjid Agung Semarang. Kelompok pertama sampai terlebih dahulu kemudian disusul kelompok kedua. Di Masjid Agung Semarang siswa – siswi tidak hanyak shalat namun juga naik ke atas menara Asmaul Husna yang mencapai tinggi 99 meter. Di menara tersebut siswa – siswi dapat melihat seluruh kota semarang dari atas.

Pukul 18.30 WIB perjalanan berlanjut ke pusat oleh-oleh Pandanaran. Semua siswa bebas berbelajan di Pandanaran terkecuali Bus 3 karena tempat parkir yang kurang cukup, maka mereka pun ke tempat oleh – oleh lain. Setelah puas berbelanja, sekitar pukul 19.30 WIB seluruh rombongan SMA Negeri 7 Yogyakarta berpulang ke Yogyakarta. Rombongan bus 3 sampai terlebih dahulu di kampus SMA Negeri 7, disusul bus sisa-sisanya pada pukul 23.00 WIB. Setiap siswa akan membuat laporan untuk kegiatan PKL kali ini. Semoga semua siswa dapat mengambil pelajaran berharga pada PKL kali ini. -Ndrs

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button
error: Jangan yaa brotherkuu :)