AgendaBeritaGalleryPublikasiSeputar SMAN 7

Berkunjung ke PT Sinar Sosro – Ungaran

SEMARANG – Pada hari Kamis, (16/2) lalu siwa kelas XI SMA N 7 Yogyakarta berkunjung ke PT. Sinar Sosro yang bertempat di Ungaran. Acara tersebut adalah bagian dari kegiatan PKL yang dilaksanakan oleh sekolah. Dalam kegiatan PKL itu sendiri diikuti oleh seluruh siswa kelas XI baik IPA maupun IPS. Peserta berangkat menggunakan 4 buah bis yang berangkat dari SMA N 7 Yogyakarta pada pukul 07.00 WIB. Dalam acara PKL tersebut dibagi menjadi 2 kelompok kunjungan, kelompok pertama yang terdiri dari kelas XI IPA 1, 2, 3, dan 4 berkunjung ke PT Sido Muncul. Sementara untuk kelompok kedua yang terdiri dari kelas XI IPA 5 dan 6 serta kelas XI IPS 1 dan 2 berkunjung ke PT Sinar Sosro. Kebetulan saya masuk dalam kelompok kedua sehingga saya berkesempatan untuk meliput kegiatan tersebut.

Sebelum menuju ke tempat kunjungan, rombongan mampir dahulu di museum kereta api di Ambarawa. Namun karena sedang dalam proses perbaikan maka rombongan segera melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan. Selanjutnya rombongan pun berpisah, kelompok pertama dan kedua segera menuju tempat tujuan masing-masing. Akhirnya rombongan saya sampai juga di PT Sinar Sosro, Ungaran sekitar pukul 12.00 WIB . Sesampainya disana kami semua disambut dengan diajak foto bersama oleh petugas disana. Setelah itu kami langsung diajak mengunjungi ruang display yang memamerkan sejarah teh, produk-produk dari PT Sinar Sosro, dan masih banyak lagi. Lalu kami segera diajak menuju ruang auditorium untuk mengikuti acara selanjutnya. Di sana kami mengikuti serangkaian acara, mulai dari melihat video iklan – iklan dari produk PT Sinar Sosro, serta vidio proses produksi.

Tidak hanya itu, kami diajak untuk berkeliling pabrik dan berkesempatan melihat secara langsung proses pembuatan minuman Teh Botol Sosro dari mulai awal hingga proses pengelolaan limbah produksi. Setelah letih berkeliling pabrik kami dijamu dengan snack serta produk minuman dari PT Sinar Sosro. Yang paling istimewa semua siswa boleh minum sepuasnya, namun tidak boleh dibawa pulang, kontan saja semua siswa begitu bersemangat melepas lelah disana. Setelah puas beristirahat kami segera kembali ke ruang auditorium untuk mengikuti acara tanya jawab dengan pengelola disa mengenai hal-hal yang berkaitan dengan proses produksi di PT Sinar Sosro Ungaran. Karena waktu yang terbatas, hanya dibatasi 5 pertanyaan. Namun hal tersebut tidak mengurangi antusiasme siswa untuk mengikuti jalannya acara.

Setelah semua agenda selesai dilaksanakan maka tibalah saatnya untuk meninggalkan PT Sinar Sosro. Namun sebelum itu SMA N 7 Yogyakarta dan PT Sinar Sosro bertukar kenang-kenangan. Kami semua sangat senang bisa berkunjung ke sana dan berharap suatu saat bisa mengunjungi PT Sinar Sosro lagi. Setelah itu kami semua segera meninggalkan PT Sinar Sosro Ungaran dan menuju ke Masjid Agung Jawa Tengah. Rombongan pertama sudah sampai terlebih dahulu, disana kami semua beristirahat dan melaksanakan ibadah Shalat. Namun tidak hanya itu, banyak siswa yang berfoto bersama maupun menikmati sensasi melihat kota Semarang dari menara setinggi 99 meter yang diberi nama menara Asmaul Husna.

Karena dirasa cukup sumua rombongan segera melanjutkan perjalanan ke pusat oleh-oleh Pandanaran. Disana siswa bebas berbelanja oleh-oleh. Namun bis ke 3 tidak ikut bersama kami karena mempertimbangkan jarak parkir dari lokasi terlalu jauh maka bus mencari pusat oleh-oleh ditempat lain. Rombongan yang tersisa pun melanjutkan perjalanan ke Yogyakarta sekitar pukul 19.30 WIB. Tidak terasa perjalanan telah kami lewati, kami tiba di SMA N 7 Yogyakarta pukul 23.00 WIB. Seluruh siswa segera pulang ke rumah masing-masing karena hari selanjtnya tidak libur. Dan untuk mempertanggungjawabkan kegiatan tersebut seluruh siswa diwajibkan membuat laporan yang dibuat perseorangan dan bersifat wajib. Alhamdulillah acara bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan yang berarti. Benar-benar pengalaman yang sangat berharga, semoga bisa menjadi pelajaran yang berarti bagi semua siswa yang mengikutinya. -ky

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Jangan yaa brotherkuu :)