SMA Negeri 7 Yogyakarta

Yogyakarta – Brata sebagai majalah atau media cetak dari SMA Negeri 7 sukses menyelenggarakan Gladhi Tangguh Jurnalistik (GTJ) yang diselenggarakan pada Kamis (19/01) hingga Sabtu (21/01). GTJ yang biasa dikenal sebagai PAB nya Brata ini berisi tentang pelatihan untuk menjadi Jurnalis yang baik. “Think out of the Box” adalah salah satu syarat sebagai Jurnalis yang kreatif.

Di sini para calon Jurnalis ditantang untuk melakukan wawancara langsung dan membuat berita bertemakan Imlek yang ditujukan pada lingkungan sekitar SMA Negeri 7 Yogyakarta. Objek yang dipilih pun bebas, mulai dari mbak2 penjaga halte TransJogja hingga ibu2 penjaga warung seafood depan kampus. Walaupun agak susah menyusun kata-kata yang tepat dan enak dibaca, kegiatan ini cukup menarik bagi peserta GTJ.

Di hari terakhir, peserta dikenalkan dengan struktur organisasi dari Brata itu sendiri. Mulai dari PimRed (Pemimpin redaksi) yang sekarang masih dipegang Mbak Raras (meski sudah diambang ke’lengser’an :P), lalu ada SekRed (Sekretaris redaksi) yang tugasnya ternyata juga merangkap sebagai bendahara, selain itu juga ada Redaksi, Ilustrator, Layouter, Designer, Reporter dan Fotografer. Dari sini dikupas tuntas semua tugas yang diemban masing-masing subsie dengan jelas. So, Kita tinggal menunggu kelahiran Brata baru oleh mereka-mereka ini!