JAKARTA – SMA N 7 Yogyakarta kembali mendapatkan prestasi yang cukup membanggakan. Pada tanggal 22-23 Desember 2011 SMA N 7 Yogyakarta yang diwakili oleh Paquita Ayu Ganis kelas XI IPS 2 telah berhasil meraih peringkat ke 5 dalam lomba menulis artikel ekonomi kreatif. Lomba yang diselenggarakan oleh Serikat Perusahaan Pers (SPS) bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendagri) tersebut bernama Festival Ekonomi Kreatif tingkat SMA dan sederajat se-Indonesia (FEKSI).

FEKSI 2011 terdiri dari lomba debat dan artikel. Untuk artikel telah diikuti 144 orang peserta dari seluruh SMA se-Indonesia, kemudian diseleksi menjadi 5 besar. 5 artikel yang masuk 5 besar akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti babak penyisihan untuk menentukan peringkat 1,2,dan 3.

Artikel yang ditulis oleh wakil dari SMA N 7 Yogyakarta berjudul “Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Kewirausahaan melalui Jewelry and Accessories Design School”. Pada tanggal 22 Desember 2011 Paquita Ayu Ganis bersama Ibu Emy Roch Dwiyanti sebagai guru pembimbing berangkat ke Jakarta.

Babak penyisihan dilaksanakan pada pukul 13.30 WIB bertempat di Auditorium Kemendagri, Jakarta Pusat. Kelima finalis duduk di depan untuk mempresentasikan artikelnya di depan audience yang terdiri dari 3 juri, para peserta dan staff Kemendagri. “Nervous juga sih,baru pertama ikut komba kayak gini.Mana harus presentasi di depan juri yang notabone udah ahli di bidangnya”,cerita Paquita.

Setelah mempresentasikan artikel dengan batas waktu 3 menit pesert diberi pertanyaan oleh masing-masing juri dan harus langsung dijawab. Setelah itu Grand Final diadakan pada pukul 19.30 pada hari itu juga dengan tempat yang sama.Pada Grand Final akan diumumkan peringkat 1,2, dan 3 dari lomba debat dan artikel. Malam Grand Final dihadiri oleh Menteri Perdagangan RI, Bapak Gita Irawan Wirjawan. “Harus puas di peringkat 5, hehe. Tapi yang penting pengalaman baru yang di dapet. Exciting banget disana, bisa ketemu teman-teman dan orang-orang baru. Semoga ke depannya bisa mendapat prestasi yang lebih baik lagi”, tambahnya. (Oky_Ah)