Alhamdulillah, TIM ICT di SMA N 7 Yogyakarta terbentuk pada hari Rabu, 5 Mei 2010 di Perpustakaan Digital SMA N 7 Yogyakarta. Acara pembentukan dimulai setelah pulang sekolah sekitar pukul 14.00 WIB. Tapi sebelum dilakukan pembentukan TIM terlebih dahulu ada pengarahan dan diskusi bersama Pak Besar Martono, S.Kom. Dalam pengarahan ini Pak Besar Martono, S. Kom menyampaikan tentang apa tujuan TIM ICT dibentuk yaitu sebagai wadah untuk mengembangkan ICT di sekolah dengan operasional di Perpustakaan Digital. Dan nantinya diharapkan agar sekolah SMAN 7 Yogyakarta sebagai pusat sumber belajar yang memang berbasiskan Teknologi Informasi Komunikasi sesuai dengan Visi Misi SMA N 7 Yogykarta.

Dalam pengarahan juga ada diskusi masalah pengembangan ICT di Sekolah yang salah satu kendalanya mengenai kesiapan sumber daya manusia baik dari siswa maupun guru yang masih sangsi menggunakan fasilitas ICT.
Perekrutan TIM ICT ini bersifat atas dasar sukarela dan mempunyai komitmen tinggi untuk mengembangkan ICT di sekolah. Secara struktural TIM ICT dibawah komando penanggung jawab Pak Drs. Bandono, MM dan pembinaan Pak Besar Martono, S.Kom.

Dalam kepengurusan terbentuk:
Ketua : Ambar Setyawan XI IPA 3
Sekretaris : R. Ratu Mahardhika Prana Ayu X4
Anggota :
1. Dani Budi Rayoga XI IPA 1
2. Yoga Warisman XI IPA 1
3. Bima Sanjaya XI IPA 2
4. Adam Abraham Wiwaha XI IPA 2
5. Ahmad Muhsin Ma’arif XI IPA 2
6. Bramantia Ariananda XI IPA 3
7. Fatekhah Abdullah Ar Rosyid XI IPA 3
8. Tendra Istanaby XI IPA 3
9. Gadis Afryandari Rozadi XI IS 2
10. Iqbal Ragha Herdani XI IS 3
11. Fatkhurrahman Firmansyah X2
12. Eka Rachmawati X3
13. Nadia Shofanisa Munada X4
14. Syabutian Fitradi X4
15. Ajrina Mizana Amalia X5
16. Faizalhaq Adla Narendra X5
17. Paramastri Raras X5
18. Ardianto Prakoso X6

Ya diharapkan dengan terbentuknya TIM ICT ini maka Visi Misi SMA N 7 Yogyakarta dapat terlaksana dengan baik. Dan bagi semua pihak kami mohon untuk mari berperan serta aktif dalam mengembangkan ICT secara optimal.

Langkah awal TIM ICT mempunyai agenda untuk mengadakan sharing/konsultasi tiap hari Rabu sepulang sekolah di Perpustakaan Digital. Untuk setiap harinya setiap istirahat sekolah anggota TIM ICT akan melakukan jaga piket untuk memberikan pelayanan kepada siswa yang membutuhkan sumber belajar secara online. TIM ICT juga mengadakan pelatihan-pelatihan ICT yang menunjang pembelajaran sekolah.

Setelah melakukan diskusi kami diberikan kesempatan untuk mencoba fasilitas komputer secara online di perpustakaan digital. Pak Besar Martono, S.Kom juga memberikan penjelasan mengenai konsep Perpustakaan Digital dan kami pun juga diajari oleh beliau bagaimana cara membuat kabel LAN secara Straight dan Cross. Kegiatan pembentukan TIM ICT berlangsung dari pulang sekolah hingga pukul 17.00 WIB.