Apa Yang Diajarkan Orang Kaya Tentang Uang - Yang Tidak Diajarkan Oleh Orang Miskin Dan Kelas Menengah

Rich Dad Poor Dad adalah buku yang berisi tentang motivasi dan berbagai langkah untuk mengantisipasi masalah finansial, yang sering menjerat kita pada saat dimana ketamakan merajalela. Buku ini ditulis oleh Robert T. Kiyosaki, seorang entrepreneur sejati yang belajar masalah finansial pada umur 9 tahun, dan pensiun dini pada umur 47 tahun. Buku ini sudah dicetak ulang beberapa kali, dan yang saya tampilkan ini adalah cetakan tahun 2010 (yang saya punya cetakan 2001).

Buku ini menghancurkan mitos bahwa dengan pemasukan dari gaji yang tinggi, bukan berarti anda adalah orang kaya. Disini kita membicarakan masalah keuangan, bukan kaya dengan banyak sudut pandang, tapi sejauh mana anda jujur mengenai masalah uang yang selalu ada di kepala anda. Mungkin anda mengatakan bahwa uang bukan segalanya dan saya tidak butuh uang, sepertinya anggapan itu bohong. Kenyataannya, ya kita memang butuh uang untuk kebutuhan dasar kita dan kewajiban lainnya. Orang kaya yang disebutkan oleh Robert adalah orang yang memiliki aset (sesuatu yang anda beli, tapi menghasilkan keuntungan; wirausaha, menyewakan, investasi) lebih tinggi, ketimbang liabilitas (kewajiban yang harus mengeluarkan uang; pajak, kredit, rumah, transportasi, makanan-minuman).

Robert memberikan pengarahan langkah-langkah apa yang harus diambil dalam mengelola keuangan anda, supaya anda tidak terjebak dalam ketamakan, utang, pajak, kredit, dan keinginan-keinginan lain yang sebenarnya tidak atau kurang penting untuk dilakukan. Karena tanpa disadari, orang yang bekerja untuk uang adalah orang yang bangun untuk bekerja lebih keras agar uang bertambah, untuk membayar pajak, tagihan, kredit, sekolah, makan-minum, transport, dan bila memiliki sisa lebih justru dibelanjakan barang yang malah menambah liabilitas anda, bukan aset anda. Ketika anda memiliki banyak uang, maka tentu saja anda mempunyai banyak keinginan untuk belanja ini itu, dan membayar ini itu. Sekali lagi, anda kalah, anda dikuasai oleh uang.

Buku ini wajib baca, karena terdapat banyak ilmu “seumur hidup” yang akan sangat berguna bagi kita nantinya. Buku ini bisa didapatkan di berbagai toko buku yang ada (jika masih ada, karena best seller). Jadi, siapkah anda menerima kenyataan tentang keuangan anda sekarang ini?