Salah satu standar kompetensi belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia semester 2 ialah tentang pementasan drama. Baik dari segi pemainnya maupun tim di balik layar.  Kemampuan siswa dalam berperan sangat diperhatikan. Hal ini ternyata dapat dibuktikan oleh para siswa kelas XI tahun ajaran 2008/2009 SMA N 7 Yogyakarta dalam sebuah karya pementasan drama kelas dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

Pementasan drama ini berlangsung  selama 2 minggu yang dibagi menjadi 6 kali pementasan untuk 6 kelas. Dimulai dari tanggal 13 Mei 2009 sampai 27 Mei 2009 Pementasan di awali oleh kelas XI IA4, XI IS2, XI IA1, XI IA2, XI IA3 dan yang teakhir XI IS1. Urutan pementasan adalah dengan undian.

Persiapan drama ini kurang lebih 4 bulan sebelum pementasan berlangsung. Kinerja tim kelas mulai di buktikan saat itu. Mulai dari pimpro, sutradara, para pemain, sie kostum, sie dekor, sie musik, dan pembantu lainnya. Tiap kelas mempunyai caranya masing-masing dalam mempersiapkan pementasan dan berusaha menampilkan karya terbaik dari kelasnya masing-masing. Latihan pun sangat intensif. Perlengkapan mulai dipersiapkan. Bahkan untuk properti saja kita menjalin hubungan ke pihak luar yakni Teater Garasi untuk meminjam backdrop dan perlengkapan lainnya.

Jerih payah tim tiap kelas dibuktikan pula saat pementasan akan segera berlangsung. Kekompakan dan kerja sama tiap kelas di uji. Hal ini ternyata benar-benar terbukti setelah pementasan usai. Apresiet para penonton sangat baik. Dari pihak sekolah, wartawan, orang tua mapun masyarakat sekitar yang turut menonton drama kelas ini. Banyak hal positif yang kita dapat setelah berlangsungnya pementasan drama. Menurut Ibu Guru yang mengampu Mata Pelajaran Bahasa Indonesia ini, yakni Ibu Budi Rahayu, Beliau menyampaikan yang pertama bahwa pementasan drama ini sesuai kompetensi dasar sebagai tujuan awal sudah tercapai secara baik. Ini di dukung dengan para siswa yang sudah mampu memenage kemampuan mereka dengan penagturan seting, peran, dekorasi, lighting dan banyak lagi. Sehingga di nilai bahwa para siswa sudah menguasai kompetensi dasar yang diharapkan. Yang kedua bahwa pemahaman siswa tentang apresiasi satra di bidang drama sangat baik. Terbukti para siswa mampu memerankan tokoh sesuai dengan karakter yang terdapat dalam cerita itu. Yang ketiga para siswa dapat  menjalin hubungan yang baik dengan seluruh komponen sekolah maupun komponen luar sekolah. Dari dalam sekolah bisa dengan pihak Kepala Sekolah, Guru, karyawan maupun antar siswa. Untuk yang luar sekolah bisa bekerja sama dengan baik antara sekolah dengan pihak wartawan yang meliput 9 lihat beritanya di koran BERNAS ediai tanggal 29 Mei 2009), orang tua, publik maupun masyarakat sekitar yang berpartisipasi.

Banyak harapan setelah berakhirnya salah satu tugas terakhir dalam semester 2 ini. Ucapan LEGA!!!! Terurai dari mulut seleuruh siswa kelas XI setelah mereka berhasil menyelesaikan kuwajiban mereka. Diharapkan nanti para siswa dapat mencintai sastra dar penyair-penyair Indonesia an bisa melahirkan generasi muda menjadi sastrawan Indonesia di masa depan. Diharapkan juga para siswa SMA mempunyai bekal dari nilai-nilai kehidupan yang luhur yang terdapat dalam karya sastra. Harapan yang terakhir yakni agar pihak sekolah bisa lebih memberikan ruang, fasilitas, gerak, tempat , terutama dalam hal properti pementasan sehingga para siswa SMA N 7 Yogyakart abisa lebih luas untuk mengapresiasikan karyanya dalam hal seni sastra dan budaya.

CAYO aja buat SEVENERS. Tetap berjaya !!!!