Salah satu bentuk konsekuensi logis dari penetapan SMA Negeri 7 Yogyakarta sebagai peringkat 3 nasional di bidang penerapan TIK oleh Direktorat Pembinaan SMA adalah pengembangan bentuk evaluasi belajar secara online. Ulangan secara online ini telah diterapkan, khususnya pada bidang studi Ekonomi kelas X, dalam 2 tahun terakhir ini dan akan terus dikembangkan. Hal ini diantaranya untuk menjembatani penerapan sistem Penerimaan Mahasiswa Baru berbasis IT yang dikenal dengan sistem CBT (Computer Based Test) dimana pada sistim ini para peserta mengerjakan soal langsung dengan komputer yang telah terkoneksi dengan jaringan.

Sesuai judulnya, soal ulangan ditempatkan pada situs/web guru dan siswa dapat mengakses ulangan online ini di manapun dan  kapanpun sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh guru. Sama seperti ulangan konvensional, pada sistem ini ditentukan waktu maksimal dalam menjawab soal. Setelah selesai mengerjakan siswa langsung mengetahui nilai/skor dan mengetahui telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal atau belum. Jika ternyata dinyatakan belum memenuhi KKM, maka wajib mengerjakan ulang hingga memenuhi KKM. Jawaban siswa secara otomatis terkirim ke email guru.

Kelebihan sistem CBT :

  1. Penghematan kertas (paperless) yang mendukung program lingkungan
  2. Nomor urut soal dan alternatif jawaban, diacak secara otomatis
  3. Jumlah soal dapat dibuat melebihi jumlah soal yang ditampilkan, misal jumlah soal 50 tetapi yang dibutuhkan untuk ulangan hanya 20. Sehingga soal yang dihadapi oleh setiap peserta lebih beragam
  4. Waktu dan tempat yang sangat fleksibel, bisa di lab. TI atau warnet atau di rumah
  5. Bagi guru, mengurangi beban koreksi, karena jawaban yang masuk via email sudah dihitung skor/nilainya oleh komputer

Kelemahan sistem CBT :

  1. Tingkat kejujuran siswa menjadi taruhan, karena bisa saja siswa dalam mengerjakan sambil membaca buku teks, karena tidak ada yang mengawasi
  2. Siswa dapat mencoba-coba dulu dengan identitas yang disamarkan, misalnya : “coba dulu ya pak”
  3. Kadang terjadi email tidak masuk, karena koneksi terputus

Untuk mendukung sistem pembelajaran berbasis TIK di SMA Negeri 7 telah dipersiapkan satu ruang khusus dan sedang dilengkapi sarana TI yang memadai untuk KBM secara mandiri. Artinya setiap siswa mengakses materi pelajaran di komputer masing-masing yang dikembangkan dengan tanya-jawab. Jika siswa telah memahami materi dapat mengerjakan soal ulangan yang berkaitan dengan materi yang baru saja dipelajari. Hal ini untuk menghindari siswa berbuat kurang disiplin dalam menjawab soal. (http://www.babejoko.web.id)