Sebuah kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Rohis Adz-Dzikri ini telah sukses di laksanakan dengan lancar. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 23 Agustus 2008. Seluruh siswa kelas X (yang muslim) wajib mengikuti acara ini. Di dalam acara ini, para peserta di ajak mengenal lebih dekat tentang kerohanian Islam di sekolah, khusunya di SMA N 7.

Pada sore harinya, sebagai pembuka acara, peserta mengikuti acara pembukaan dan pengajian. Meski ada beberapa siswa yang belum hadir, namun pada akhirnya banyak yang hadir juga. Pada malam harinya, para peserta mengikuti prosesi acara ESQ yang diisi oleh tim trainer dari ELDATA Jogja. Pada malam saat sebelum ESQ, ada hiburan nasyid dari group nasyid Ash-Safwah. Dan juga pada pertengahan sesi ESQ turut tampil juga group nasyid Fauzan.

Pada pagi harinya, para peserta diajak bermain game dengan beberapa pos yang telah di sediakan. Acara game ini dibantu oleh Mushtaafa, yaitu para alumni muslim SMA N 7. Game ini dilakukan secara berkelompok. Peserta dikelompokan berdsarkan kelasnya. Ada beberapa game menarik yang telah di rancang. Dan game yang paling seru adalah mencari seseorang. Pada game ini, setiap kelompok harus mencari seseorang dengan nama yang telah disamarkan dengan kode T9. Dan kelompok itu harus membawa orang yang namanya tertera dalam petunjuk. Ada beberapa peserta yang memang belum tahu benar siapa yang mereka cari itu. Dan tidak sedikit dari mereka yang asal tangkap tidak sesuai nama yang tertera dalam petunjuk. Dan ada juga orang yang diincar, sengaja mengelabuhi dan menjaili para peserta yang belum kenal dengannya, padahal dia adalah buronan.