BeritaSeputar SMAN 7Tahukah Kamu

Seragam SMA 7 Mulai Berbatik

Sesuai dengan peraturan walikota (perwal) mengenai seragam pelajar di kota Jogja, maka pelajar di kota Jogja harus mengenakan Batik pada hari Jum’at dan dapat mengenakan pakaian bebas yang rapi dan sopan di hari Sabtu. Begitu juga di SMA N 7 Yogyakarta, para siswa sudah mulai mengenakan batik pada hari Jumat awal minggu tahun pelajaran 2008/2009.

Batik di Kelas

Suasana pada hari Jumat di kelas bagian barat, kini sudah bernuansa batik. Hampir semua kelas X sudah mengenakan batik pada hari jumat. Hingga para siswa kelas XI dan XII sulit membedakan mana yang siswa kelas X, mana yang Guru atau mana yang karyawan. Hal ini akan semakin samar pada hari sabtunya. Pada hari sabtu, siswa akan menggunakan baju bebas yang rapi. Bila ada siswa yang mengenakan baju seperti guru, maka akan sulit membedakan mana yang siswa dan mana yang guru. Ini dikarnakan saat ini postur siswa yang besar-besar hampir menyamai guru malah melebihi guru.

Batik di Teras

Dari hasil wawancara yang dilakukan oleh wartawan Koran Seveners, 2 dari 3 siswa menyatakan senang dan ingin mengenakan baju batik lagi di hari Jumat berikutnya. Hal ini dikuatkan dengan alasan mereka yang merasa bangga dan senang mengenakan baju batik. Namun bagi beberapa siswa ada yang belum terbiasa menggunakan baju batik. Karna mereka merasa malu mengunakan baju batik.

Bagi anda kelas X, bagaimana perasaan anda menggunakan baju batik?

9 Comments

  1. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    perkenalkan saya alumni sma7 angkatan 92, senang sekali adik-adik sekarang memakai baju batik.tapi kenapa masih ada yang malu memakainya? bukankah harus bangga karena batik bernilai seni tinggi.Saat ini saya menekuni usaha batik dan konveksi. Alhamdulillah dapat pesanan desain khusus dari berbagai instansi,ada pesanan khusus dari SBY yang sudah kami patentkan. sedikit pengetahuan yang namanya batik adalah yang diproses dengan canting atau cap dengan wax atau lilin/malam,dan kain printing bukanlah batik melainkan kain motif batik diproduksi masal.Bila berkenan saya bisa “Demo”kan pembuatan batik yang asli agar lebih mengenal dan mencintai batik, moga gak malu lagi pakai batik.karena batik sekarang sudah beragam disain dan potongan pola baju bisa lebih modis.batik warisan budaya bangsa bernilai seni tinggi dan batik tulis nilai jualnya tinggi,batik kami pernah dihargai sampai jutaan.jadi batik gak murahan kan…hehe…jadi jangan malu pakainya ya…bisa lebih kreatif saja pilih motif dan model bajunya…..terimakasih…selamat belajar adik2ku…Wassalam
    HARUMI BATIK JOGJA & SUMBER MAS GARMENT

  2. gampang bolos……..

    gak bisa bedain mana yang guru ma murid!!!!!!!!!

    buat kesempatan bwt saingan mode baju……..

  3. hm,asik si,tpi aku rada’ males jugak abisnya belang belonteng gtu batiknya,kayak mo kondangan haha.jadi rada aneh mungkin gak kebiasa aja kalik ya…

  4. tew ga’ itu bisa nimbulin kecemburuan sosial. kasian yang kaya2 pada ga’ punya baju jelek.

    yang ga’ punya dipaksa nrimo,,nasibb wong kere!!

  5. eleuh eleuh…

    kenapa gak bikin seragam batik aja???
    jadi.. pake batik tapi tetep seragam..

    tau nggak sih.. di luar negeri itu, sekolah yang berseragam itu sekolah mahal lho…
    masa’ sma 7 mau turun derajat…

    klo menurutku sih, mending batiknya diseragamin aja..
    biar gak blonteng blonteng..
    n gak ada kesenjangan sosial..

    ea nggak siih???

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button
error: Jangan yaa brotherkuu :)