Sebuah fenomena di Plasa Seveners (SMAN7 YK) pada hari Rabu tanggal 5 September 2007 kehadiran seorang artis Tora Sudiro dengan gaya kocak dan familier yang diusung oleh Close Up sebuah pasta gigi dengan berbagai aktivitas pada waktu istirahat ke-1 (09.30) selama 15 menit dan istirahat ke-2 pukul 12.00 selama 30 menit artis kondang Tora Sudiro bertandang lagi bersama dengan Vj. Rianti dan Christian Sugiyono di kampus SMA N 7 tercinta untuk meramaikan acara ini yang didahului dengan foto bersama dari pucuk pimpinan kepala sekolah, guru dan karyawan anak-anak seveners.

Tidak hanya sampai disitu, acara yang lebih meriah dalam suasana kedamaian berlanjut pukul 14.00 (jam pulang sekolah) dengan menghadirkan penampilan akustik “SEVENTEEN”. Semua itu Seveners tidak meminta untuk hadir tetapi kemauan dari produk pasta gigi yang membaca peluang pasar titik bidiknya adalah pelajar dengan tetap memperhatikan kaidah PBM di lembaga ini tetap berlangsung dengan sambutan luar biasa dari civitas akademika guru, siswa, karyawan borong habis produk yang ditawarkan dengan harga promosi dengan berbagai bonus yang diberikan warga seveners.

Apa yang dapat kita petik dari acara tersebut diatas?? Banyak hal yang dapat kita ungkap dari acara yang bertajuk Close Up, Speak Up ini telah menyedot perhatian seluruh siswa-siswi SMA N 7 Yogyakarta. Sebuah pembelajaran dalam karir seseorang dimana dengan memiliki kecerdasan Bodily-Kinesthetic diantaranya di miliki oleh artis sekondang Tora Sudiro, Vj. Rianti dan Christian Sugiyono bisa berkarir dan terkenal melalui kecerdasan itu walaupun masih ada kecerdasan yang dimiliki oleh artis tersebut. Kita teringat dengan konsepnya seorang yang bernama Howard Gardner penemu Delapan kecerdasan yang disebut dengan ‘Multiple Intelligences’ dan ini dimiliki oleh setiap orang, hanya yang mampu dikembangkan mungkin hanya satu atau dua saja siapa tahu seveners bisa mengembangkan semua wooo luar biasa. Yang tergolong Multiple Intelligences diantaranya;

  • Word Smart-atau cerdas bahasa-pandai mengolah kata-kata.
  • Logic Smart-atau cerdas matematik logis-pandai dalam sains dan matematika.
  • Body Smart-atau cerdas kinestetis-pandai dalam keterampilan olah tubuh dan gerak.
  • Picture Smart-atau cerdas spasial-pandai mempersepsi apa yang dilihat.
  • Music Smart-atau cerdas musik-pandai dan peka dalam hal musik.
  • Nature Smart-atau cerdas natural-pandai dan peka dalam mengamati alam.
  • People Smart-atau cerdas interpersonal-pandai memahami pikiran dan perasaan orang lain.
  • Self Smart-atau cerdas intrapersonal-pandai dan peka dalam mengenali emosi diri sendiri.

Nah bocah seveners, dari kecerdasan diatas berapa yang anda miliki silahkan dikembangkan dengan tetap melihat karakter dan pribadi masing-masing siapa tahu dari seveners muncul insan akademik yang unggul dengan kecerdasan yang ada pada dirimu.

Narsis: Bandono with Tora Sudiro

NB: Dipublikasi ulang dari blog Pak Bandono.