Lain-lainOpini

Ikatan Alumni, untuk apa???

“Buat apa sih? Buang-buang waktu aja!”

Itu adalah salah satu jawaban yang saya terima ketika pada suatu kesempatan berbincang-bincang dengan seorang teman sesama alumni SMA 7 Yogyakarta dengan topik pembentukan ikatan alumni.

Benarkah ikatan alumni (ataupun reunian) hanyalah sekedar bernostalgia ??

Tanpa berniat menggurui atau sok tahu, menurut saya ada beberapa tinjauan tentang arti penting sebuah ikatan alumni.

  • Secara umum

  1. Sebagai sarana untuk tetap saling menjaga tali silahturahmi dan persahabatan
  2. Sebagai jembatan komunikasi antara para alumni dengan almamaternya (baik siswa, guru maupun karyawan)

  • Untuk para alumni
  1. Untuk tetap bisa mengetahui perkembangan dari almamater kita dahulu
  2. Sebagai sarana untuk (barangkali dan mudah-mudahan ada yang berniat) menyumbangkan baik berupa pikiran atau ide, tenaga ataupun materi demi kemajuan dan perkembangan almamater
  3. Sebagai sarana dan jembatan untuk berbagi informasi dan pengalaman tentang ‘dunia’ di luar (setelah) sekolah. Baik tentang dunia pendidikan (perkuliahan) maupun dunia kerja (sering kali dijadikan sebagai salah satu sarana informasi lowongan pekerjaan)
  • Untuk adik kelas (yg masih bersekolah) dan untuk almamater
  1. Mempermudah pendataan para alumni (kalo tidak salah, kiprah alumni menjadi salah satu poin penilain akreditasi sekolah)
  2. Untuk bisa lebih mengetahui dan mengenal kiprah para alumni
  3. Mempermudah memperoleh informasi tentang sesuatu (apabila ada alumni yang bergerak di bidang tersebut)

Tentu saja tinjauan di atas masih sangat dangkal dan mungkin masih banyak hal terlewat dan tidak tersebutkan di atas, jadi mungkin lebih baik adalah kita duduk bersama (terutama para alumni) dan membahas tentang banyak hal tersebut sehingga ketika (mudah-mudahan) pada akhirnya terbentuk suatu wadah diharapkan dapat menjadi jembatan antar sesama alumni serta dapat menjadi mitra almamater SMA 7 Yogyakarta untuk kemajuan dan perkembangan kita bersama.

Abdullah Rofi’i (ziegrusak@yahoo.com)

Alumni SMA 7 Yogyakarta Angkatan 1993 (lulus)

25 Comments

  1. Setuju banget, apalagi dengan ikatan alumni bisa saling support dan memberikan pekerjaan

  2. pakde katanya sih lustrum 2008 akan ada reuni akbar dari angkatan pertama tp semuanya balik ke kita sbg alumni, cukup sekali itu reuni ato emang mau ditindaklanjuti ????

  3. reuni penting siapa tahu bisa bantu2 mikirin seveners kedepan paling tidak terbentuk pengurus sekalian bisa memberikan kontribusi beasiswa bagi adik2 yang tidak mampu melalaui donatur yang digalang secara online.

  4. temu alumni dari angkatan pertama? kapan nih, bisa terselenggara? tolong kabari ya. pengen juga ngumpulin teman-teman seangkatan (lulusan 88, angkatan sepuh) yang sekarang entah pada dimana.

  5. Ass wr wb

    saya setuju saja…dan ikut mendukung sepenuhnya. ……..
    viva widya bhakti taruna, jayalah sma 7 yogyakarta.

    wass wr wb

    Alif S
    mantan ketua ikatan alumni cabang yogyakarta yang diakui keberadaannya oleh kepala sekolah Bp. Drs. Panut, karena sebelumnya tidak pernah diakui.

  6. pengen banget tau kabarnya semua temen – temen yang lulus 96..
    juga kabarnya kakak kelas yang lulus 94 dan 95
    juga kabarnya adek kelas yang lulus 97 dan 98

    atau profilnya eyang buyut angkatan sepuh sepuh ..
    sementara belon bisa reuni,,
    bikin data base aja dulu..
    ntar lama2 pasti ngumpul…

  7. asyik nih… nebeng ah makan2. ngumpulke balung pisah juga perlu, bolehlah disebut hura2, sebagian besar orang sih kagak nganggep gitu he3 wong Denzel Washington aja ikutan maen film setelah bc primbon Jawa ttg ngumpulke balung pisah,itu tuh The Bone Colector maen brg Jeniper Lopezzz.

    inungitong, akhirnya lulus 1995

  8. ayo dong.. bikin data base-nya
    melalui koran seveners ini, mbok dibikin form alumni yang nantinya bisa diakses bareng2.. ntar biar user ngisi sendiri2…
    bisa kan???
    bisa kan??

  9. Kenalin namaku wawan angkatan 2003, Kapan nih mau ada reuni akbar ?? Apa SMU 7 udah ada ikatan alumni ?? setahu saya sekolah2 favorit di jogja khususnya, punya ikatan alumni. Alumni2 yang masih ada di jogja bentuk dong ikatan alumni, lupakan angakatan berapa ? biasanya kita stuck kalau ada embel2 angkatan gitu. Jadi , usul saya nih angkatan tahun berapa aja ditampung. Sebaiknya kita jangan kacang lupa ama kulitnya deh…

    Uhh jadi Kangen ama JOGJA and SMU 7

  10. heuheu…:P
    reuni?? boleh juga tuh…
    tapi kayaknya susah ya. knapa??
    maklumlah, sifat manusia, kepengen enaknya aja
    kalo ada acara kayak gitu paling enak jadi tamu…
    dateng acara udah siap, acara berlangsung ngikut aja, selesai langsung pulang. gak usah nyiapin acara, nyiapin tempat, nyiapin semuanya, termasuk nyiapin dhuit…
    belum lagi kalo udah selesai mberesin tempat, mberesin masalah yang belum selesai…. wah, repot banget tuh…
    belum lagi selain tugas nyelenggarain acara tadi, juga ada tugas rumah, tugas kampung, tugas sekolah, tugas kampus, deadline kerjaan mepet, disuruh standby di kantor ama bos…. waduh…..:(
    emang sih, paling enak pake EO yang emang udah kerjaannya nyelenggarain acara. tapi kan bukan GSP (guyub sapto rencang) namanya…
    tapi itu semua akan berjalan dengan lancar dan enteng, asalkan dikerjakan bareng-bareng, bersamaan, together, sesarengan, sesuai dengan kemampuan dan kapasitas masing-masing.
    oleh karena itu sangat perlu adanya semangat kebersamaan… (lho, kok malah pidato yo??)
    ya udah, kalo gitu saya tak miwiti dhulu…
    saya, fajar nagan, ndaftar jadi seksi repot…
    siapa nyusul??? jangan cuma usul doang…

  11. ikutan nimbrung yak?? pertamanya mw minta maaf krna duluuuuu sekaliiii angkatanqu prnah ngurusin ikatan alumni pas q mw lulus (tahun 2004) ma skul. tapi gak jelas juga mw ngapain disana & karena Q ma tmn2 dh mulai pny kesibukan sndiri2 akhirnya ngambang… jadi unfinished business si kalo bwtqu pribadi..hiks…ngerasa pny utang!

    setelah tanya2 ma bu tuti ternyata ikatan alumni skul qta dh ada. bahkan mpe ketua dll juga dah dibentuk tapi gak jelas keberadaannya… apa ada nama tapi gak ada orangnya yng mw ngaku ya??? hehe2

    Q mw ikutan deh jadi seksi repot… asal persiapannya dah jauh2 hari. mumpung tahun ni jg lustrum kan!!!! daftar yak??? contactqu 0274- 381189 atw +62 856 255 23 66… via imel apietkita@yahoo.com

    ayo yg lain ikutan juga yaaaa…….

    much luv for my beloved smuven!!!
    aPieT (aka Afrida Nurdiati IC/IIC/III IPA 2 brarti lulus tahun 2004 to?)

  12. ikatan alumni??? boleh juga,kan bisa ketemu sama teten-temen lama. tapi ya itu harus diurus secara propesional,jangan setengah-setengah.

    benert tuh kata mbak apit(temenku skull dul, atu kelas lagi),katane juga ada ikatan alumni, tapi gak tahu mereka seperti lenyap ditelan bumi.kata pak bandono juga akan ada reuni akar gitu,tapi tgak tahu kapan.

    sapa tahu juga lho kalo ada alumni yang suke diluar mau nyumbangin sedikit keberhasilannya unutk smaven tercinta, jangan cuma dulu ngrepoitn guru2x aja.

    kalo disuruh jadi seksi repo2x,aq mau tuh tapi jangan mendadak ya… coz aku sibuk banget.

    Thanks banget udah ngebolehin corat-coret disini
    salam buat seluruh seveners dan sevenenders diseluruh Indonesia Raya.
    salam buat temen-temen satu angkatanq,anak2x DINAMIC,anak2x DINAMIIC dan anak2x IPA2.
    dan buat Dewi selamat menempuh hidup baru,maaf kemarin gak bisa dateng.

    dar9i sahabat kalian.Trisno

  13. Sebelumnya salam kenal buat senior dan yunior Smaven,

    Ini perwakilan dari angk.lulus 91, mau tanya apa benar ada reuni akbar? kapan waktunya, biar yang sudah berada diluar DIY bisa hadir dan nyumbang…….?! terutama militan2 seperti Danang Kadal, Ghosong, Tanti yang ketua OSIS,…….dan masih banyak lagi, kan lumayan bisa ketemu lagi bisa tau seperti apa sekarang dan bisa ketemu adik kelas yang dulu ditongkrongi di Aula.
    Juga para Guru yang buat Kita jadi seperti sekarang ini……(makasih Pak/Bu)
    Ok gitu dulu mohon infonya segera disebar (atau angk.91 yg ada di sekitar smaven bisa kontak)

    Christ BDX IC/IIA1/IIIA1 1988-1991

  14. Akhirnya…..
    ada reuni akbar juga to. Salam kenal buat yg belum kenal. saya lulusan 1993 kelas IIIA3-2 anak buahnya Bayou.
    Mas Crist… gimana kabarnya?
    Dulu sampeyan2 itu yg nggojlok saya waktu saya baru masuk SMU 7.
    Sampai ketemu 6 Juli jam 10.00 di SMU 7. VIVA SMU 7 JOGJA!

  15. Assalamu’allaikum…

    Mohon kalau ada info reuni SMA 7 mas Admin bisa kabar kabar via PM via e-mail/SMS ke 021.9867.9078, Insya Alloh saya akan datang.

    Saya alumni tahun 1990 (termasuk siswa paling bodo), dan kebetulan yang coment di atas saya (Christ BDX IC/IIA1/IIIA1 – 1988-1991) kelihatannya may old mate… BADAK.

    Sukses SMA 7…

    Wassalam..

  16. HAI SEMUANYA….
    AK ANGKATAN 97 NI, GMN KBR TEMEN2 97 LAEN?
    OMG2 BSK PD IKUT REUNIAN GAK NI……
    PADA DIMN KALIAN SKRG…??????

  17. Hi semua… gimana kabar kalian? Buat adik2 met bersusah2 belajar deh!
    Waaah pasti seru deh kalo ada ikatan alumni, berita reuni akbar spt kemarin pasti cepet tersiar ke seantero dunia tuh…
    Ayo cepetan bikin semua datanya… keburu pada pikun lho..
    Cepetan ya..? ya..? ya..?
    Tenan lho.. tak enteni pokoke!

  18. Setuju bgt deh ada ikatan alumni, biar kalo ada reuni akbar spt kemaren cepet tuh tersiarnya sampai seantero dunia, so gk ada lg yg kelewatan..
    Cepetan dibuat ya..? ya..? ya..?
    Tak enteni lho.. tenanan iki.

  19. Ikatan alumni penting banget. Nostalgia tidak ada salahnya, justru perlu. Mengenang kembali masa-masa sma itu menyehatkan jiwa kita. Ini adalah cara murah dan aman untuk menjadi muda kembali.
    Btw, saya angkatan 85, kini menjadi pendidik di Yayasan Tarakanita Bengkulu. Kalau mau nyumbang artikel gimana caranya?
    Saya punya banyak cerita seru nih ttg sekolah kita. Maklum saja, angkatan kami adalah yang pertama kali nempatin gedung sekolah kita yang bekas rumah sakit itu. Huuuuu seeerraaaam.
    Trims.
    rjsulistyanta
    http://erjhe.wordpress.com

  20. lembaga alumni bisa sebagai mitra sekolah dalam membantu sekolah menciptakan suasana sekolah yg terjaga dan siswa yang bermoral mulia,
    dengan andil mjd mitra sekolah akif dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler siswa dan klub komunitas siswa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button
error: Jangan yaa brotherkuu :)