Sebagai seorang pelajar pasti kita punya aktivitas yang segudang, tugas inilah, praktikum itulah, ada-ada aja dech yang dikerjain! Apalagi kalo abis olahraga dan melakukan aktivitas berat, tubuh kita mengeluarkan keringat secara alamiah. Masalahnya, ada juga orang yang keringatnya keluar super kenceng walau aktivitasnya enggak banyak. Apalagi kalo keringat yang mengucur itu itu dah menimbulkan bau yang tidak sedap, pasti rasanya gak PD. Keringat dan bau badan yang tidak sedap emang mengganggu aktivitas kita semua. Banyak obat atau deodorant yang ditawarkan, untuk mengurangi produksi keringat dan bau badan. Tapi nyatanya enggak semua orang bisa ngatasi 100% masalah bau badannya. Sebenarnya penyebab utama bau badan itu kuman yang nyerang kelenjar keringat. Gimana ya biar kita sebagai pelajar aktif yang selalu PD and gak minder dengan masalah bau badan? Nah aku punya sedikit tips untuk ngurangi bau badan kita.

Cara-cara mengurangi bau badan yang berlebihan :
•Bersihkan badan dengan seksama.
Setiap kita mandi bersihkan badan dengan seksama, bersihin daerah ketiak, sekitar putting susu, alat vital, serta pangkal paha. Kalo bisa tiap kita mandi pake sabun yang mengandung deodorant atau anti septic, biar kuman-kumannya mati.
•Ganti pakaian luar dan dalam setiap hari.
Bakteri menyukai tempat yang kotor dan lembab, jadi sebisa mungkin kita ganti baju setiap hari. Selain itu mencucinya harus dengan bersih dan mengeringkannya dengan sempurna.
•Hindari pakaian yang berbahan sintetis.
Jangan pake baju yang bahannya sintetis, seperti nilon, apalagi waktu cuaca lagi panas banget. Pilihlah baju yang berbahan katun karena dapat menyerap keringat dengan baik dan menguapkannya lebih cepat.
•Ganti kaos kaki setiap hari.
Telapak kaki yang berkeringat dapat menimbulkan bau badan, maka dari itu sepatu yang abis dipeke perlu diangin-anginin, kalo perlu dijemur. Selain itu kaos kaki juga harus diganti setiap hari atau minimal dua hari sekali.
•Memakai sodium bikarbonat atau baking soda
Pake sodium bikarbonat atau baking soda langsung di ketiak merupakan cara alternative alami yang baik. Senyawa itu bisa menyerap keringat dan membunuh bakteri penyebab bau badan.
•Jangan menggunakan atau mencampurkan parfum secara berlebihan.
•Cukur rambut ketiak
Bulu ketiak yang lebat jadi tempat persembunyian bakteri, makannya jangan lupa cukur bulu ketiak dua sampai tiga hari sekali. Gunakan krim scrub yang lembut untuk membersihkan ketiak, gosok lembut dengan gerakan memutar, lalu keringkan secara sempurna.
•Oleskan deodorant atau bedak anti-BB secukupnya.
Setelah ketiak kita sudah bersih dan kering, oleskan deodorant atau bedak anti_BB, tapi jangan terlalu berlebihan. Setelah mandi baluri tubuh dengan talek wangi atau lotion. Setelah itu baru semprotkan parfum, cukup di belakang telinga, nadi pergelangan tangan dan dibalik busana. Usahakan memilih deodorant, parfum, dan lotion yang beraroma sama.
•Jaga selalu ketiak agar kering.
Jika memungkinkan, pergilah ke toilet setiap kali ketiakmu basah dan keringkan dengan tisu. Setelah itu oleskan deodorant atau bedak anti-BB. Jangan mengoleskan deodorant saat ketiak masih berkeringat.
•Hindari makanan terlalu pedas, bawang putih dan kurangi goreng-gorengan.

Nah itu semua cara-cara mengurangi bau badan yang berlebihan, kalo emang tertarik dan membutuhkan, dicoba ya! Semoga yang aku tulis diatas dapat bermanfaat buat kamu-kamu yang membaca artikel ini, dan khususnya buat orang-orang yang punya masalah dengan bau badan yang tidak sedap! Selamat Mencoba!!!