Wah, sudah masuk bulan Juni, terus ada apa tho kalo’ udah bulan Juni????

Jangan lupakan UJIAN teman. Pada ingat nggak sih, kalo’ minggu ke dua Juni itu kita anak kelas X dan XI harus bertempur menghadapi yang namanya ujian semester dua. Hayyoooo, udah pada belajar belom? Ya kalo’ belom yuk mulai belajar.

Omong-omong soal belajar, kemarin di salah satu sudut SMA Negeri 7 Yogyakarta kita tercinta, aku mendengar keluhan dari salah seorang murid kelas X yang mengeluhkan betapa banyaknya tugas yang diberikan guru menjelang ulangan umum ini. Ternyata bukan hanya kelas X yang mengalami hal seperti itu, anak kelas XI juga banyak yang mengeluhkan banyaknya tugas yang dibebankan dalam waktu yang kurang dari satu minggu untuk belajar ini. Bagaimana bisa belajar kalo banyak tugas yang harus kejar deadline?

Sebenarnya bukan salah guru juga hal ini bisa terjadi. Coba kita lihat ke belakang saja pelan-pelan. Bayangkan berapa kali anak kelas X dan XI libur dikarenakan sekolah dipakai ujian kelas XII? Ingat-ingat berapa bab pelajaran yang tidak tersampaikan gara-gara libur itu? Guru-guru juga pastinya waktu itu sedang sibuk-sibuknya untuk membantu murid kelas XII kan? Jadi kesannya anak kelas X dan XI di-anaktiri-kan. But, aku yakin bukan maksud guru untuk meng-anaktiri-kan kita tapi memang harus begitu keadaannya.

Coba kita sikapi keadaan yang serba rusuh ini dengan bijaksana. Tugas yang diberikan guru itu kan besar kemungkinan dalam rangka membantu kita belajar mengejar bab yang ketinggalan selama kita libur itu tadi. Nah, kalo memang kita mau maju, pasti lah dengan senang hati kita mau mengerjakan tugas itu dan jangan cuma didiamkan saja setelah tugas itu dinilaikan, tapi dipelajari lagi. Sepertinya bukan cuma itu usaha yang dilakukan guru untuk membantu kita, deh, ada kan yang dikasih foto copy-an bahan ulangan umum (bab-bab yang mau keluar di ulangan umum maksudnya_red), belum lagi guru-guru juga nggak segan2 kasih tau kita kisi-kisi ulangan umum tho ya??? Nah, kalo udah ada begitu banyak kemudahan, kenapa kita harus membuatnya susah??? Pilihan dan jawabannya ada pada diri kita sendiri lagi kan????

OK, selamat menjalani bulan Juni, selamat berjuang, selamat belajar dan semoga belajar OK?! SEMANGAT!!! (geeZonsPirit)