Masyarakat mulai was-was terhadap apa yang akan terjadi seperti yang diberitakan banyak orang bahwa akan ada gempa yang cukup besar yang diakibatkan adanya petemuan antara lempeng Australia dengan lempeng Asia. Hal itu terbukti dengan adanya warga kampung yang tidur diluar rumah untuk berjaga-jaga apabila ada gempa. Tapi menurut saya itu terlalu berlebihan karena semua yang akan terjadi pada diri kita itu hanya Allah semata yang tahu dan kita hanya bisa bertawakal kepada-Nya. Walaupun kita memang harus berusaha tapi cara itu tidak akan menghentikan takdir Allah. Apapun yang akan terjadi pada kita biarlah Allah lah yang mengaturnya, bila terjadi maka terjadilah, seperti firman Allah “terjadi maka terjadilah”. Yang seharusnya kita lakukan sekarang hanyalah berdoa dan beribadah yang sebanyak-banyaknya agar apabila hal itu benar-benar terjadi kepada kita, kita dalam keadaan siap menghadap kepadaNya.
Apabila hal itu benar terjadi anggaplah bahwa Allah sedang menguji keimanan kita semua,dan apabila Allah menguji keimanan hambanya berarti Allah masih swayang terhadap bangsa ini,meskipun telah banyak sekali dosa yang telah kita perbuat. Dan sebagai hamba yang beriman tidak seharusnya kita meragukan kasih sayang Nya.
Dan yang terakhir ingatlah bahwa apapun yang akan terjadi di dunia ini kita tidak dapat memprediksikannya. Percayalah hanya Allah lah yang dapat menentukannya.