Krionika adalah teknik yang digunakan untuk mengawetkan tubuh manusia pada suhu yang sangat rendah dengan harapan suatu hari dapat dibangkitkan kembali.

Dan taukah kamu, krionika juga muncul dalam film lho, seperti “Vanila Sky” (2001), “Sleeper” (1973) dan “2001 A Space Odyssey” (1968). Gagasan dibalik krionika adalah jika seseorang “mati” akibat penyakit yang dideritanya, dapat “dibekukan” untuk kemudian dibangkitkan kembali di masa depan saat teknologi pengobatan sudah dapat menyembuhkan penyakitnya itu. Seseorang yang sudah diawetkan sedemikian rupa dikatakan berada dalam keadaan suspensi krinika.

Ingatkah kamu tentang cerita di mana orang jatuh ke dalam sebuah danau es dan terendam hampir selama 1 jam sebelum akhirnya diselamatkan. Mereka yang selamat dapat bertahan hidup sedemikian rupa karena air es menyebabkan raga mereka dalam keadaan semacam “mati suri” dengan memperlambat metabolisme tubuh dan fungsi otak mereka hampir tidak membutuhkan oksigen. Ini merupakan teknologi yang mendasari krionika untuk dipahami.