Yosi, Udjo, Oon, Odie, Gugum dan Tika tahu betul bagaimana memberikan refleksi kesegaran pada pola yang mereka hadirkan di lagu-lagu mereka. Tidak terjebak dalam pengulangan yang sudah mereka hadirkan sebelumnya, Project Pop makin menunjukkan kepiawaian dalam merumuskan jurus-jurus lagu segar yang menjadi signature khas mereka. Lagu segar yang tak hanya sekedar melucu slapstick. Tetapi melucu lewat lagu yang dibalut dengan kualitas vokal yang makin terbagi dengan baik dan konsep musik yang bagus yang tidak sekedar menjadi pembungkus dari lirik lucu mereka.

Album terbaru yang bertajuk Six-A-Six (yang menandai album ke-enam mereka) telah dirilis awal April 2007 ini mempercayakan sebuah lagu berjudul “Metal Vs Dugem” yang akan membuat gempar dimensi musik tanah air. Sebuah komposisi maha cerdas yang memuat “perang” antara fanbase dari khalayak penggemar metal dan khalayak penggemar musik dugem. Dua aliran yang kerap menjadi versus dalam hal gaya hidup masyarakat urban tersebut diwacanakan dalam sebuah lagu yang akan membangkitkan tawa siapa saja yang menyimaknya.

Lagu yang akan menjadi anthem kesegaran baru dari Project Pop ini ditampilkan dengan memamerkan dua konsep musik yang berbeda. Metal dan Dugem. Intro berupa pakem musik metal yang heavy lengkap dengan distorsi dan pendekatan cara bertutur khas musik metal akan disambung dengan gemulai gerak lagu-lagu dugem yang ritmis dan menghentak. “Perang” lirik yang ditampilkan antara penyuka musik metal dan dugem ditampilkan dengan cara menyegarkan dan membuat kita akan terpingkal-pingkal. Sebuah wacana yang teramat tepat dan secara jeli dilemparkan menjadi sebentuk nada-nada riang yang menghibur.

Menghasilkan musik dan lirik yang ringan, lucu, dan menyegarkan bisa ditampilkan dengan pendekatan yang serius dan tidak sekedar menjadi pemoles atau pemanis. Ini terbukti di lagu “Metal Vs Dugem” dari enam sosok pembangkit kesegaran mutakhir dari tanah air ini. Nantikan kejutan dan kesegaran dari lagu-lagu lain yang tak kalah mengagetkan dari Project Pop tahun ini…