Hello pa kabar seveners semuanya, kita ketemu lagi nih. Langsung to the point aja yah, wah ntar lagi seveners yang kelas 3 ujian…. (semangat yah…. Didoain lulus semua…. Amin….). Nah buat seveners yang mau ngelanjutin kuliah ni, pasti dah pada nentuin NIAT n TEKAD buat jebol tuh Ujian Masuk Universitas yang kita idamkan….

Disini, aku pengin kasih masukan aja nih, buat kalian yang mau kuliah di luar Jogja (Wah ga mau…. Gak dibolehin ma Mami Papi tuh, walah.. ^_^ ), Kota Bandung adalah satu kota yang bisa kalian pilih. Kalian pasti tau kan Bandung (yang gak tau kebangetan nih). Di Bandung banyak lo universitas yang bagus-bagus, antara lain ITB, UNPAD, UPI, Polban, UNPAS, dan masih banyak kampus yang lain, yang secara kualitas bagus-bagus (Tapi di Bandung gak da UNB/ Universitas Negeri Bandung yang ada di film jomblo).

Kayak apa sih Kota Bandung ???

Bandung secara luasnya, lebih besar dari Jogja (Apalagi ketika pertama kali ke kota ini, tapi lama-lama kecil juga ni kota). Secara cuaca Bandung lebih dingin sedikit dari Jogja, kotanya rumayan padat penduduknya, dan Bandung terkenal sebagai Kota Belanja. Dunia remaja cukup kembang disini, pa lagi Bandung cukup terkenal dengan band-band musiknya. Pengen tahu Bandung lebih banyak? Klik aja : http://id.wikipedia.org/wiki/Bandung

Memilih Universitas dii Bandung…….???

Buat kalian yang mau Kuliah disini, mulai sekarang cari-cari informasi deh di internet or nanya-nanya ma guru-guru tercinta, khususnya kepada Ibu Sumiyati Cs di BK.

Buat kalian yang mau milih jurusan Teknik, seveners boleh milih ITB. Ada banyak jurusan teknik disana (Liat aja Websitenya di www.itb.ac.id). Buat seveners yang seneng ke jurusan Ilmu Politik, ada bagusnya temen-temen ke UNPAD (www.unpad.ac.id) or UNPAS di (www.unpas.ac.id), dan masih banyak lagi tempat kuliah disana….

Katanya biaya hidup di Bandung mahal ????

Untuk biaya hidup sih, itu semua tergantung dengan pola hidup seveners masing-masing. Apa seveners termasuk orang yang boros, or orang yang irit. Biaya hidup biasanya diperuntukkan membayar sewa rumah/kost, konsumsi, pembelian buku, biaya fotokopi, komunikasi dan transportasi. Untuk gambaran biaya hidup di Kota Kembang ini dibawah aku kasih rinciannya:

  • Biaya Sewa Kost
    Untuk biaya sewa kos rentang harganya antara Rp 250.000- Rp 600.000 per bulan
    Biasanya tempat kos ada yang boleh 1 kamar 1 orang dan ada yang boleh 1 kamar berdua. Nah yang mau hemat, kalian bisa joinan kamar ma temen. Harganya antara 350-500 per bulan. Kalo seveners bayar per 6 bulan or 1 tahun, jatuhnya harga bisa antara 2-4 juta per tahun. Saran sih buat seveners, mending bayar kost per 1 tahun or 6 bulan. Kost-an tersebut biasanya di luar biaya listrik (rata-rata per bulan Rp 25.000). Tips : Cari Kost-an yang deket kampus ‘n sudah ada fasilitasnya (kasur, meja, almari), jadi seveners gak perlu ngeluarin uang buat ongkos angkot.
  • Makan
    Wah di Bandung banyak sekali jenis makanan yang tersedia, mulai dari yang ringan sampai makanan berat (batu kali…). Untuk makan nasi, rentang harganya antara Rp 2500 – Rp 10.000 /porsi. Gambaran menu: Nasi pake Ayam rata-rata Rp 4.000 – Rp 8.000 rupiah, nasi pake telor kurang lebih Rp 3.000, nasi kuning/uduk/kupat tahu (Biasanya sih buat sarapan) rata-rata Rp 2.500, dll. Untuk makanan kecil/camilan rentang harganya antara Rp 500 – Rp 10.000). Ada banyak lho: ada batagor, surabi, cimol, cilok, dll). Cuman sayangnya disini gak ada “Nasi Kucing” (wah kangen banget tuh ma nasi, apalagi di “Angkringan Tugu”)
  • Transportasi
    Transportasi di Bandung kebanyakan menggunakan angkot (mobil kecil) dan Bus. Untuk ongkos bus Rp 1.700 – Rp 2.000-an dan untuk angkot antara Rp 1.000 – Rp 3.000, tergantung jarak. Jumlah angkot di Bandung banyak, jadi temen-temen gak perlu takut kalo gak ada motor.
  • Komunikasi
    Itu mah tergantung seveners, sobat sering nelpin or sms atau gak. Kalo aku sih biasanya per bulan habis Rp 50.000 (kadang cuman Rp 25.000).
  • Biaya Fotokopi
    Disini range harganya antara Rp 60 – Rp 150 /lembar.
  • Biaya lain-lain seperti sabun, minuman ringan, dan lain-lain harganya gak jauh beda kok dengan di Jogja

Nah, semoga dengan artikel di atas seveners semua punya pandangan tentang biaya hidup di Bandung. Buat temen-temen yang mau kuliah di Bandung dan butuh guide serta tempat tinggal sementara (sebelum nemu kostan) kalian bisa minta nomer Ponselku ama mas Admin Seveners. (Buat yang cowok bisa di tempatku, ‘n yang cewek ntar aku hubungkan dengan sevenenders lain yang cewek. oKey?!)… InsyaAllah bisa dibantu..

Tips Terakhir : Kalo dah di Bandung jaga diri baik-baik aja, apalagi pergaulan cukup berat juga (Banyak Godaan Boooo……… Kota Kembang Gitu Lo….. ^_^ )

See You….. MET BERJUANG……..

Nitip salam buat “Setan Klawu”…..

Miss U Jogja….
Bandung dingin, 25 Maret 2007
Rezza